Sukses

4 Ribu Orang Serbu Lowongan CPNS 2017 di Kementerian ESDM

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017 di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui situs Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) hingga Minggu siang telah mencapai 4.579 pendaftar. ‎

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan dari 65 formasi yang dibutuhkan di Kementerian ESDM, tercatat pendaftar sudah mencapai 4.579 orang. Artinya, rasio pendaftar hingga saat ini adalah 1 banding 70.

"Ini berarti selama 13 hari sejak pendaftaran CPNS periode kedua dibuka, rata-rata pelamar yang masuk per harinya mencapai sekitar 350 orang," kata Dadan, dalam situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Senin (25/9/2017).

Menurut Dadan, berdasarkan laporan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), hingga Minggu, total pelamar seluruh instansi sejak dibukanya pendaftaran pada 11 September 2017 sudah mencapai 1.117.943 pendaftar.

BKN mencatat, instansi dengan pelamar tertinggi untuk periode II hingga Minggu adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 144.779 pendaftar dengan 300 formasi, Kementerian Keuangan 123.606 pendaftar dengan 2.880 formasi, Kementerian Kesehatan 107.951 pendaftar dengan 1.000 formasi.

Untuk Kejaksaan Agung 69.393 pendaftar dengan 1.000 formasi, dan Kementerian Perhubungan 65.276 pendaftar dengan 393 formasi. Pembukaan pendaftaran gelombang kedua ini direncanakan akan ditutup pada 25 September nanti.

Berdasarkan catatan BKN, untuk formasi pada periode I, yaitu Mahkamah Agung, dari 25.358 pendaftar dengan jumlah pelamar melalui online mencapai 19.278 peserta.

Peserta memenuhi passing grade sejumlah 2.545 peserta 14 persen dan nilai total hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Computers Assessment Test (CAT) tertinggi 416.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Kepala Badan Geologi

Sebelumnya, Kementerian ESDM juga membuka lowongan kerja untuk posisi Kepala Badan Geologi dan staf ahli bidang ekonomi sumber daya alam. Seleksi tersebut diselenggarakan dalam rangka pengisian jabatan pimpinan tertinggi madya di lingkungan Kementerian ESDM.

Pendaftaran dibuka mulai 18 September 2017 dan akan berakhir pada 6 Oktober 2017. Pendaftaran dilakukan melalui website resmi Kementerian ESDM dan mengisi formulir persetujuan dari pimpinan unit utama, masing masing pegawai negeri sipil (PNS) yang bersangkutan dan daftar riwayat hidup yang dapat diunduh.

Syarat umum untuk mengikuti selesksi tersebut adalah PNS, usia paling tinggi 58 tahun, sehat jasmani rohani, memiliki kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan.

Sekurang kurangnya berpangkat pembina muda (IV/C). Sedang tidak menduduki JPT pertama atau JF jenjang ahli utama paling singkat 2 tahun.

Memiliki jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 7 tahun. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik.

Syarat khusus untuk kepala badan geologi, di antaranya pendidikan minimal S1 pada bidang studi yang sesuai dengan dan menunjang tugas dan tanggung jawab yang diemban dan diutamakan yang memiliki gelar S2 dan S3 yang relevan.

Mampu menerjemahkan visi misi presiden tentang kedaulatan energi dan bentuk strategis, rumusan kebijakan di bidang tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Artikel Selanjutnya
220 Ribu Sarjana Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham
Artikel Selanjutnya
Ini Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham