Sukses

2 Hari Meninggal, Harta Wanita Terkaya Dunia Naik Rp 13 Triliun

Liputan6.com, New York - Lilane Bettencourt, pewaris dari perusahaan kosmetik L'Oreal meninggal dunia pada Rabu, 20 September lalu. Wanita terkaya menghembuskan napas terakhir di usia 94 tahun.

Hanya berselang dua hari sejak kematiannya, saham perusahaannya naik 2,5 persen. Dilansir dari Forbes, Senin (25/9/2017) hal ini membuat kekayaan Bettencourt meningkat US$ 1 miliar atau Rp 13 triliun.

Naiknya nilai saham ini disebabkan dari spekulasi investor akan prospek bisnis L'Oreal di masa depan. Beberapa analis memperkirakan, Nestle yang merupakan pemilik 23 persen saham L'Oreal akan menaikkan porsi kepemilikannya.

Investor sangat optimis terhadap L'Oreal dalam beberapa waktu terakhir. Harga saham perusahaan ini meningkat 88 persen dalam lima tahun terakhir dan mencapai rekor tertinggi pada Juni yang lalu. Sebelum meninggal dunia, Bettencourt dan ahli warisnya memiliki 33 persen saham perusahaan.

Sebelum meninggal, wanita kelahiran 21 Oktober 1922 ini menjalankan bisnis L'Oreal hasil warisan dari orang tuanya. Liliane yang berzodiak berasal dari Prancis ini, memang piawai mengembangkan dan menjalankan roda bisnis perusahaan kosmetiknya itu.

Sang ayah, Eugene Schueller mendirikan L'Oreal pada 1907. Tiga puluh tahun kemudian Liliane yang sempat bekerja menjadi pegawai magang mulai menjalankan bisnis secara penuh pada 1984.

Bettencourt dikabarkan meninggal dunia dalam tidurnya. Ia meninggal dunia di kediaman pribadinya. Bettencourt adalah wanita terkaya di dunia. Pada 2017 ini, kekayaannya diestimasi mencapai 33 miliar euro atau setara US$ 40 miliar.

Dia meninggalkan jabatan direksi L'Oreal pada 2012 silam dan jarang muncul di hadapan publik setelah itu. Akan tetapi, wanita terkaya di dunia itu tetap menjadi sosok kalangan atas yang disorot lantaran menderita penyakit demensia.

Simak video pilihan di bawah ini:

https://www.vidio.com/watch/501664-taylor-swift-masuk-daftar-artis-terkaya-fokus-pagi

1 dari 2 halaman

Dekat dengan ayah

Sejak berusia 5 tahun, Bettencourt sudah ditinggalkan sang ibu. Tapi itu pula yang mendekatkan dirinya dengan sang ayah.

Bettencourt kecil mulai belajar bekerja di perusahaan sang ayah sejak berusia 15 tahun. Pekerjaannya kala itu cukup sederhana, dia ditugaskan untuk menempel label pada botol sampo dan berbagai peralatan kosmetik.

Kegiatan itu mengalirkan banyak wawasan berbisnis ke dalam tubuhnya sejak usia yang sangat muda. Saat sang ayah meninggal, sebagai anak satu-satunya, Bettencourt mewarisi seluruh kekayaannya termasuk L'Oreal.

Wanita Setia

Menginjak usia 27 tahun, Bettencourt menikah dengan salah seorang menteri di kabinet Prancis, Andre Bettencourt. Sang suami yang berusia tiga tahun lebih tua darinya juga menjabat sebagai wakil pimpinan L'Oreal.

Semasa hidupnya, sang suami pernah mendapatkan penghargaan karena keberaniannya membela negara. Setelah itu, dia melamar pekerjaan di L'Oreal dan menjadi salah satu pria terkaya di Prancis.

Sayangnya, mahligai rumah tangga pasangan Bettencourt ini harus berakhir saat sang suami meninggalkan bos L'Oreal itu selama-selamanya pada 19 November 2007. Meski telah tujuh tahun berlalu sejak kematian sang suami, Bettencourt tak pernah menikah lagi atau dekat dengan pria lain.

 

Artikel Selanjutnya
4 Miliarder Ini Pernah Salip Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia
Artikel Selanjutnya
Bos Zara Sukses Geser Bill Gates Jadi Orang Terkaya Sedunia