Sukses

119 Ribu Lebih Pelamar Berebut Kursi CPNS di Kementerian Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merupakan salah satu instansi yang paling banyak dilamar peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tercatat sampai dengan saat ini, jumlah pelamar CPNS di Kemenkeu sebanyak lebih dari 119 ribu orang.

"Sekitar 119 ribuan orang yang daftar CPNS ke Kemenkeu," ucap Kepala Biro Kumunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Nufransa Wira Sakti, saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Untuk diketahui, pemerintah membuka pendaftaran CPNS gelombang II mulai 11 September 2017 dan ditutup hari ini pukul 23.59 WIB.

Nufransa mengatakan, sekitar lebih dari 94 ribu pelamar dari 119 ribu sudah mengunci data pada saat pendaftaran. Itu artinya, sekitar 25 ribu pelamar CPNS belum mengunci data untuk finalisasi administrasi.

"Sekitar 94 ribuan yang sudah kunci data. Karena masih ada waktu, jadi mereka belum mengunci data untuk finalisasi administrasi," jelasnya.

Saat dikonfirmasi update data teranyar jumlah pelamar melalui web SSCN sampai dengan saat ini, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengaku sedang proses perhitungan. Berdasarkan data BKN, sejak 11 September sampai 24 September 2017 pukul 13.20 WIB, tercatat 1.117.943 orang.

 

 

 

1 dari 2 halaman

Instansi dengan Pelamar Tertinggi dan Terendah

Sampai saat ini, lima instansi dengan pelamar tertinggi adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kemenkeu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kejaksaan Agung (Kejagung), dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Adapun, instansi dengan pelamar terendah adalah Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Kementerian Pariwisata (Kemenpar), serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Untuk diketahui, Kemenkeu membuka penerimaan CPNS 2017 dengan formasi 2.880 orang. Dari lowongan itu, terdiri dari formasi jalur umum sebanyak 2.769 orang, formasi putra/putri Papua Barat sebanyak 26 orang, formasi disabilitas 12 orang, dan formasi lulusan terbaik (cumlaude) sebanyak 73 orang.

Jumlah formasi yang disediakan 2.880 untuk memperebutkan 87 posisi di delapan unit Eselon I Kemenkeu, antara lain di lingkungan Sekretaris Jenderal (Setjen), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC).

Adapula di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Badan Kebijakan Fiskal (BKF), serta Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Artikel Selanjutnya
220 Ribu Sarjana Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham
Artikel Selanjutnya
Ini Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham