Sukses

Sering Gugup Saat Wawancara Kerja? Begini Cara Mengatasinya

Untuk menyiasati rasa gugup, Anda bisa lakukan beberapa hal berikut ini sebelum mendatangi panggilan wawancara kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Gugup saat wawancara kerja merupakan hal yang wajar terjadi kepada pencari kerja, terlebih untuk fresh graduate yang baru pertama kali menghadapi wawancara kerja. Anda pasti sangat memahami betapa gugupnya ketika hari wawancara kerja itu tiba.

Bagaimana tidak gugup, di sini Anda akan berhadapan langsung dengan seseorang yang baru ditemui dan memiliki peran penting dalam karier Anda yang akan datang. Untuk menyiasati rasa gugup, Anda bisa lakukan beberapa hal berikut ini sebelum mendatangi wawancara kerja seperti dikutip dari Karir.com.

1. Datanglah lebih awal dari jam yang dijadwalkan

Terkadang datang lebih awal saat wawancara kerja lebih baik daripada datang di waktu yang tepat. Usahakan untuk datang lebih awal, setidaknya 30 menit sebelum waktu wawancara kerja dimulai.

Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menenangkan diri, mengambil napas, tidak terburu-buru, dan bisa merapikan pakaian. Datang lebih awal juga bisa menandakan bahwa Anda sudah menghargai waktu pewawancara, yakni HR di perusahaan tersebut, serius akan keinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut dan pastinya bersikap profesional dalam tata cara wawancara kerja.

2. Cari tahu informasi mengenai perusahaan tersebut

Bagi pencari kerja, usahakan untuk mencari tahu informasi mengenai perusahaan yang didatangi saat wawancara kerja.

Sebab, pewawancara akan memberikan perhatian yang lebih besar pada kandidat yang tahu banyak tentang profil perusahaan. Anda bisa menemukan informasi lengkap dengan membuka website perusahaan tersebut. 

3. Ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan pada diri Anda, serta temukan solusinya

Ketika wawancara kerja, Anda akan menemukan pertanyaan “Apa kekurangan dan kelebihan Anda?”. Memang, pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sulit dijawab. Anda akan merasa serbasalah saat menjawab pertanyaan ini.

Saat Anda menjelaskan kelebihan, takut akan dikira Anda sombong atau terlalu percaya diri. Dan ketika menjelaskan kekurangan, Anda khawatir akan dinilai kurang oleh perusahaan. Dengan begini, Anda harus menceritakan apa adanya yang merupakan kelebihan, dan temukan solusi dari kekurangan diri Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Latih cara berbicara dan tetap lakukan kontak mata

Sebelum hari wawancara kerja tiba, ada baiknya Anda melakukan latihan cara bagaimana menghadapi wawancara yang baik. Anda bisa minta bantuan kepada teman terdekat atau keluarga dalam melatih wawancara. Lakukan dengan serius sehingga Anda dapat merasakan suasana wawancara kerja.

Dan jangan lupa pentingnya menggunakan kosakata atau berbahasa yang sesuai dengan konteksnya. Dengan begini, Anda akan memberikan kesan yang profesional.

Selain itu lakukan kontak mata juga merupakan aspek yang sangat penting ketika Anda sedang berhadapan atau melakukan interaksi dengan orang lain, terlebih di dunia kerja yakni saat wawancara kerja. Sebab dengan melakukan kontak mata, Anda sudah menghargai, percaya diri dan serius dalam menghadapi wawancara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.