Sukses

18 Menteri Transportasi Negara Dunia Bakal Kumpul di Bali

Liputan6.com, Jakarta 39 Negara sudah konfirmasi akan menghadiri The 4th Asia - Europe Meeting - Transport Minister Meeting (ASEM - TMM) yang akan dimulai pada 26 September 2017 di Bali. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ASEM - TMM merupakan pertemuan yang dihadiri Menteri Transportasi Asia dan Eropa dan digelar setiap dua tahunan.

"Pada tanggal 26 s.d. 28 September akan berlangsung Asia-Europe Meeting yang ke -4 di Hotel Westin Nusa Dua Bali. Dalam Pertemuan ini telah diundang 51 negara anggota ASEM, dan yang sudah konfirmasi akan hadir 39 negara di Asia dan Eropa serta 2 organisasi internasional," ujar Menhub di Hotel Borobudur, Senin (25/9/2017).

Budi menjelaskan dari jumlah 39 negara yang sudah menyatakan kehadirannya, ada 18 Menteri Transportasi yang akan hadir langsung, yaitu Menteri Transportasi dari negara-negara Eropa diantaranya Inggris, Rusia, Latvia, Hungaria, Luxembourg, Polandia, dan dari negara-negara Asia yaitu Malaysia, Filipina, Singapura, Myanmar, Laos, Mongolia, Kamboja, Jepang, Cina, Korea, India dan Brunei Darussalam.

Selain itu, adapun 2 organisasi internasional yang akan hadir yaitu European Commisioner for Mobility and Transport dan ASEAN Deputy Secretary General.

Menurut Budi, Presiden Jokowi telah memberikan arahan agar acara tingkat internasional ini dapat digunakan sebagai ajang untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia.

"ASEM sebagai wadah strategis dalam meningkatkan kerjasama Asia dan Eropa. Ini adalah upaya Indonesia untuk menarik minat investor sehingga investasi di Indonesia semakin baik dan inflasi rendah. Saya berinisiatif menjadikan ini bukan hanya pertemua tetapi sebagai business meeting," ujar Budi.

Selain itu, Budi menambahkan, penyelenggaraan ASEM - TMM juga sekaligus sebagai sarana mempromosikan sektor pariwisata di Bali.

Adapun isu yang akan dibahas dalam pertemuan The 4th ASEM - TMM tahun ini berkaitan dengan konektivitas, Investasi dan isu strategis lainnya yang terdapat di Asia dan Eropa. (Yas)

Artikel Selanjutnya
Wonderful Indonesia Turut Meriahkan Resepsi Diplomatik di Mumbai
Artikel Selanjutnya
Pembangunan Infrastruktur Bali Bukan Cuma Buat Sambut IMF