Sukses

Mau Beli Smartphone Terbaru? Simak Tips Ini agar Tak Salah Pilih

Liputan6.com, Jakarta - Setiap bulan pasar smartphone Indonesia nyaris dipenuhi dengan produk baru. Entah itu produk asal China, Korea, hingga Amerika Serikat. Pada bulan September ini, smartphone buatan Apple, asal Amerika Serikat, sedang menjadi buah bibir konsumen Indonesia, yakni Iphone8, iPhone8 Plus, dan iPhone X.

Padahal, ketiga smartphone tersebut belum beredar di Indonesia. iPhone8 hanya bisa dijual luas secara global pada 22 September, sedangkan iPhone X masih pre-order pada 27 Oktober mendatang dan dipasarkan secara global pada 3 November.

Dengan jumlah pengguna smartphone yang kian banyak, pasar smartphone Indonesia memang sangat menarik sehingga selalu dimasuki produk-produk baru. Dari sisi konsumen, justru di sinilah perlu kehati-hatian. Dengan beragam produk smartphone baru yang dengan mudah bisa ditemui di pasar, konsumen harus cermat memilih handphone.

Bagi Anda yang ingin membeli smartphone baru, terkadang hal ini membuat bingung untuk memilih. Ada rasa khawatir dan takut salah menjatuhkan pilihan dan pada akhirnya timbul rasa kecewa karena smartphone yang kita beli tidak sesuai harapan.

Perhatikan dulu sembilan tips dari HaloMoney.co.id berikut ini, hasil riset berbagai sumber:

1. Memori Internal

Kapasitas media penyimpanan internal atau memori telepon merupakan salah satu poin penting untuk dijadikan pertimbangan. Dengan memori internal yang besar, performa smartphone Anda akan lebih optimal. Sebaliknya jika memori internal kecil, kapasitas internal handphone ikut menurun sehingga performa handphone tidak maksimal.

Jadi sebaiknya Anda memastikan memori internal handphone yang akan Anda beli. Semakin besar, akan semakin bagus. Tentu memori internal yang besar, berkonsekuensi dengan harga handphone yang lebih mahal dibanding handphone dengan memori internal kecil.

Setidaknya berkapasitas 8 GB dengan asumsi 4 GB habis terpakai oleh sistem operasi dan install beberapa aplikasi. Selebihnya memori handphone digunakan untuk menyimpan data, baik data berupa foto, dokumen, hingga teks percakapan.

2. Kecepatan Prosesor

Kecepatan prosesor atau CPU sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kecepatan smartphone. Dengan kecepatan prosesor yang tinggi dan memiliki banyak inti core bisa dipastikan performa multitasking perangkat tergolong baik dan mampu menjalankan semua tugas dengan lancar.

Kecepatan prosesor diukur dalam satuan Hertz (Hz). Demi kinerja handphone yang baik, setidaknya kecepatan prosesor harus 1 GHz atau lebih.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

3. RAM

RAM menjadi faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli ponsel. RAM merupakan komponen pendukung kinerja prosesor agar lebih baik. Semua aplikasi yang Anda jalankan otomatis akan menyimpan file cache di dalam RAM.

Jika aplikasi ditutup dan kemudian Anda membukanya lagi, maka aplikasi akan diluncurkan dari RAM. Jadi semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, smartphone akan lebih optimal dalam menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Baca: 14 Kartu Kredit Terbaik Saat Ini yang Perlu Masuk Radar Pencarianmu

4. Sistem Operasi

Saat Anda membeli smartphone dengan sistem operasi Android, pastikan smartphone tersebut sudah menjalankan sistem operasi Android versi terbaru (Android Lollipop). Ada beberapa manfaat dengan memilih sistem operasi Android versi terbaru, yaitu kinerja smartphone yang baik, mendukung semua aplikasi saat ini, peningkatan di sisi user interface, lebih stabil, dan lebih secure (aman).

Jika Anda membeli iPhone, pastikan sistem operasi yang tertanam di iPhone ialah iOS terbaru. Saat ini iOS terbaru sudah mencapai iOS-11.  

5. Display

Tampilan layar juga hal penting yang harus diperhatikan. Selain ukuran dan resolusinya, Anda juga harus memperhatikan kerapatan pixel yang dimilikinya. Kerapatan pixel layar dihitung dalam satuan ppi (pixel per inch). Semakin besar jumlah pixel yang dimilikinya, maka layar akan terlihat tajam dan jernih serta nyaman di mata.

1 dari 3 halaman

6. Kamera

6. Kamera

Saat ini smartphone umumnya sudah dilengkapi dengan kamera belakang dan kamera depan. Jika Anda ingin melakukan panggilan video atau chatting Skype, maka smartphone yang Anda beli harus memiliki kamera depan. Perhatikan resolusi (megapixel) di masing-masing kameranya. Semakin besar megapixel-nya, gambar yang dihasilkan semakin baik.

7. Baterai

Kapasitas baterai menjadi salah satu bahan pertimbangan saat membeli smartphone, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas mobile yang tinggi. Kapasitas baterai yang besar akan membuat hidup ponsel lebih lama. Ponsel kelas menengah setidaknya harus menggunakan baterai berkapasitas 2.200 mAh atau lebih. Saat ini, beberapa smartphone asal China sudah ada yang mencapai 4.100 mAh.

2 dari 3 halaman

8. Tips membeli iphone

Membeli handphone asal Amerika Serikat ini gampang-gampang susah. Tips penting untuk membeli handphone berharga yang cukup menyedot isi kantong ini ialah Anda membelinya di toko Apple yang resmi agar Anda mendapatkan produk asli. Pilihan lainnya, Anda membeli di toko-toko yang berstatus authorized reseller untuk produk Apple seperti iBox, iMax, atau iStore.

Membeli di toko resmi akan menghindari Anda dari barang palsu sekaligus terhindar dari beberapa masalah seperti jaminan garansi dan ketidaksesuai nomor IMEI di handphone dengan nomor IMEI yang terdaftar di apple store.

9. Gunakan cicilan 0 persen kartu kredit

Untuk meringankan dompet Anda, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan fasilitas cicilan 0 persen kartu kredit. Inilah salah satu fitur terbaik kartu kredit yang perlu Anda manfaatkan.

Anda cukup mencicil smartphone selama 3 bulan hingga 12 bulan, bahkan ada kartu kredit yang menawarkan cicilan hingga 24 bulan. Dengan fasilitas cicilan 0 persen, Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar dalam satu waktu sehingga mengganggu keuangan Anda.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Ingin Bahagia, Hindari Hal Ini Saat Bangun Tidur
Artikel Selanjutnya
DP Rumah Juga Bisa Dikumpulkan dari Hobi, Loh!