Sukses

iPhone Terbaru Beredar, Ingat Tips Ini Sebelum Membeli

Liputan6.com, Jakarta - Setiap bulan pasar smartphone Indonesia dipenuhi dengan produk baru. Apakah itu produk asal China, Korea, hingga Amerika Serikat. Pada September ini, smartphone buatan Apple asal Amerika Serikat sedang menjadi buah bibir konsumen Indonesia, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Padahal, ketiga smartphone tersebut belum beredar di Indonesia. iPhone8 hanya bisa dijual luas secara global pada 22 September, sedangkan iPhone X masih pre-order pada 27 Oktober mendatang dan dipasarkan secara global pada 3 November.

Anda yang ingin membeli iPhone terbaru, cobalah perhatikan beberapa hal penting ini. Jangan sampai, Anda asal tubruk hanya karena ingin segera pamer gadget terbaru kepada orang-orang di sekitar Anda. Maklum, harga iPhone terbilang tidak murah.

Mengutip keterangan Apple, harga smartphone-nya paling murah Rp 9,5 juta (iPhone 8), Rp 10,7 juta (iPhone 8 Plus), dan Rp 13,5 juta (iPhone X). Dengan harga yang cukup mahal ini, konsumen perlu ekstra hati-hati.

Berikut tips penting sebelum Anda membeli iPhone baru, seperti dikutip dari HaloMoney:

1. Toko atau Tempat Jual

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah toko atau tempat di mana Anda membeli produk iPhone. Sangat disarankan untuk membeli produk iPhone di toko Apple resmi yang akan menjamin Anda mendapatkan produk yang asli. Di luar itu, sebaiknya Anda membelinya di toko-toko yang merupakan authorized reseller untuk produk Apple.

2. Kondisi Boks dan Perangkat

Jika Anda membelinya tidak di toko resmi Apple, Anda harus mengecek kondisi boks terlebih dahulu. Perhatikan secara saksama setiap sudut boks apakah terdapat cacat atau kerusakan. Selain itu, perhatikan juga kondisi perangkatnya dengan saksama.

Baca juga: 14 Kartu Kredit Terbaik Saat Ini yang Perlu Masuk Radar Pencarianmu

3. IMEI iPhone

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah cocokan IMEI iPhone Anda yang bisa dilihat melalui menu setting pada iPhone dengan IMEI yang tertera di boks iPhone dan pada bagian kover belakang iPhone Anda. IMEI pada produk iPhone yang asli tentu akan sama.

Setelah itu, masukan IMEI tersebut ke website Selfsolve dari Apple untuk mengecek apakah produk iPhone Anda terdaftar di Apple. Selain itu, cek pula iPhone Anda dengan iTunes untuk mengetahui apakah IMEI dan serial number iPhone Anda bisa terbaca oleh iTunes.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Jaminan Garansi

Anda juga perlu mengecek garansi iPhone asli yang Anda beli. Caranya dengan mengeceknya pada website Apple. Produk asli iPhone akan menunjukkan tanggal yang sama ketika Anda membeli produk iPhone tersebut dan berlaku satu tahun selanjutnya.

5. Kode Negara

Kode ini bisa Anda lihat pada bagian belakang boks iPhone yang Anda beli. Kode negara untuk iPhone yang Anda beli di Indonesia adalah PA/A, sehingga produk iPhone asli yang Anda beli seharusnya memiliki kode tersebut. Hal ini untuk memastikan agar Anda dapat mengklaim garansi iPhone tersebut.

Apabila kode negaranya bukan kode negara Indonesia, Anda tidak dapat mengklaim garansi resmi iPhone tersebut di Indonesia.

Baca juga: Kartu Kredit Bebas Airport Lounge di Bandara Domestik dan Internasional

6. Membeli iPhone Secara Langsung atau Online

Dalam membeli iPhone, Anda memiliki pilihan apakah hendak membelinya secara langsung di toko yang menjualnya atau secara online. Membeli secara langsung tentu memiliki keuntungan bisa mengecek barang secara langsung dan mendapat kepastian langsung dalam pembelian serta produknya.

Jika membeli melalui online, Anda tentu hanya bisa mendapatkan informasi secara online tanpa bisa melihat barang secara langsung sampai perangkatnya tiba. Jika Anda mau membelinya secara online, Anda harus memperhatikan reputasi toko online yang menjual produk iPhone tersebut.

Sebaiknya Anda membeli dari toko online yang berstatus authorized reseller untuk produk Apple, atau toko online tersebut memiliki reputasi yang baik. Bacalah testimoni dan review pada toko online untuk mengetahui bagaimana riwayat toko tersebut.

Selain itu, tanyakan dan pastikan kejelasan informasi terkait produk iPhone yang akan Anda beli. Informasi ini tentu terkait garansi resmi. Apabila produk yang dijual adalah produk baru, Anda tentu akan mendapatkan garansi resmi dari Apple terkait produk tersebut.

3 dari 3 halaman

7. Aksesori iPhone

Anda tentu ingin melengkapi iPhone terbaru Anda dengan beragam aksesori iPhone, seperti casing, pelindung layar atau Anda juga mungkin ingin melengkapinya dengan produk seperti Apple Watch. Pastikan aksesori tersebut asli dan dapat dimiliki dengan harga wajar.

8. Gunakan cicilan 0 persen kartu kredit

Untuk meringankan dompet Anda, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan fasilitas cicilan 0 persen kartu kredit. Inilah salah satu fitur terbaik kartu kredit yang perlu Anda manfaatkan. Anda cukup mencicil smartphone selama tiga bulan hingga 12 bulan, bahkan ada kartu kredit yang menawarkan cicilan hingga 24 bulan.

Dengan fasilitas cicilan 0 persen, Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar dalam satu waktu sehingga mengganggu keuangan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.