Sukses

Hati-Hati! Ini Tanda Anda Sudah Ketergantungan Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit memang menawarkan berbagai kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan. Kemudahan ini tentu saja membuat sebagian orang tertarik untuk memiliki kartu kredit. Tidak hanya satu, terkadang mereka memiliki lebih dari satu kartu kredit. Alasannya bermacam-macam. Salah satunya agar lebih mudah menghadapi transaksi keuangan di mana saja.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang cukup bergantung pada kartu kredit dan hampir setiap transaksi yang dilakukan selalu melibatkan kartu kredit, bisa jadi Anda merupakan orang yang ketergantungan kartu kredit.

Berbagai penawaran menarik memang selalu ada dalam setiap promo kartu kredit. Namun, menggunakanya secara berlebihan tentu saja akan memberi dampak keuangan buruk bagi Anda.

Berikut ini ciri-ciri Anda sudah ketergantungan kartu kredit seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Selalu Gunakan Kartu Kredit untuk Setiap Transaksi yang Dilakukan

Ciri pertama Anda selalu gunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi yang dilakukan. Entah itu berbelanja, makan di restoran, ataupun minum kopi di kafe. Bahkan, untuk transaksi yang nilai tidak seberapa, tetap menggunakan kartu kredit.

2. Berpikir Punya Kartu Kredit Sama Saja dengan Punya Uang

Ciri yang kedua adalah saat memiliki dan menggunakan kartu kredit, Anda merasa selalu punya uang setiap harinya. Ketika pergi berbelanja atau pergi berjalan-jalan bersama teman atau pergi ke restoran dan kafe, Anda selalu merasa tenang karena ada kartu kredit dalam dompet. Berpikir punya kartu kredit sama saja dengan punya uang akan berdampak buruk bagi keuangan nantinya.

3. Merasa Punya Satu Kartu Tidak Cukup

Karena Anda sudah merasa nyaman menggunakan kartu kredit dan tidak pernah ambil pusing saat bertransaksi di mana saja, tentunya Anda juga berpikir memiliki lebih dari satu kredit juga bukan masalah. Malah Anda merasa punya satu kartu kredit tidaklah cukup.

Kartu kredit biasanya punya kelebihan masing-masing, baik dari segi promo maupun rewards. Bagi Anda, memiliki sejumlah kartu kredit, baik yang memberikan promo maupun rewards, jadi keharusan. Padahal, kalau dipikir-pikir, ini bisa membebani keuangan nantinya.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 3 halaman

4. Malas Mencari Lalu Memilih Kartu Kredit sebagai Satu-Satunya Solusi Finansial

4. Malas Mencari Lalu Memilih Kartu Kredit sebagai Satu-Satunya Solusi Finansial

Saat mengalami masalah finansial, Anda terkadang akan langsung menjadikan kartu kredit sebagai satu-satunya solusi. Boleh saja menjadikan kartu kredit sebagai solusi untuk masalah finansial. Tapi, itu bukan satu-satunya solusi.

Masalah finansial biasanya muncul karena pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang. Hati-hati dengan tingginya tagihan kartu kredit jika nantinya tidak menakar pemakaiannya. Bukan menyelesaikan masalah, malah menambah masalah.

5. Pemakaian Melampaui Limit

Ciri berikutnya adalah pemakaian kartu kredit yang ternyata melampaui limit. Kalau sudah begini, Anda bisa mengalami kebingungan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kartu kredit bukan untuk memenuhi berbagai keinginan Anda yang di antaranya sama sekali bukan hal yang begitu penting.

Gunakan kartu kredit secara bijak dengan tidak menjadikanya sebagai lampu ajaib Aladin yang bisa memenuhi semua keinginan Anda dalam sekejap.

2 dari 3 halaman

6. Sering Melakukan Minimum Payment

Saat tagihan kartu kredit dikirimkan, Anda akan melihat rincian tagihan berserta minimum payment yang harus dibayarkan. Kebanyakan orang yang sudah ketergantungan kartu kredit selalu membayar tagihan kartu kredit dengan memilih opsi minimum payment. Padahal, hal tersebut akan membuat tagihan lebih lama untuk lunas dan Anda terbebani dengan bunga yang besar.

7. Bukannya Jera, Malah Semakin Menjadi

Menggunakan kartu kredit secara berlebihan adalah tindakan yang salah. Tapi, jika Anda masih saja tidak kapok dan mengulangi kesalahan yang sama, itu berarti Anda memang sudah ketergantungan menggunakan kartu kredit. Sebaiknya, kalau utang kartu kredit sudah selesai, Anda jangan mulai untuk menambah utang lagi.

Jangan Samakan Kartu Kredit Seperti Uang

Jika dalam pikiran Anda kartu kredit berfungsi seperti uang, Anda sebaiknya segera hilangkan pemikiran seperti itu. Sebab hanya akan membuat keuangan menjadi tidak stabil. Kartu kredit sebaiknya digunakan bila ada keperluan mendesak atau memang sedang ada promo menarik. Untuk itu, gunakan kartu kredit dengan bijak.

Artikel Selanjutnya
Ini Situasi Saat Anda Butuh Kartu Kredit untuk Transaksi Belanja
Artikel Selanjutnya
Cara Akhiri Patah Hati untuk Mantan yang Masih Anda Cintai