Sukses

Mobil Listrik Berkembang, Bagaimana Industri Pengolahan Minyak?

Konsumsi minyak dunia saat ini mencapai 95 juta barel per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sedang mendorong pengembangan mobil listrik untuk meningkatkan ketahanan energi di masa depan. ‎Jika mobil listrik telah berkembang, bagaimana nasib industri pengolahan minyak mentah?

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengaku mendapat pertanyaan tentang nasib industri kilang jika kendaraan bermotor sudah banyak yang menggunakan listrik.

"Saya dapat pertanyaan, kalau ada mobil listrik kilang gimana?" kata Jonan, ‎saat membuka Pekan Pertambangan dan Energi 2017, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Menurut Jonan, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, dalam 30 tahun ke depan mobil listrik tidak akan menjadi kendaraan mayoritas, sehingga sebagian besar kendaraaan baik mobil maupun motor tetap menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Kecuali jika pemerintah memberikan insentif yang cukup besar untuk mendorong penggunaan mobil listrik. Insentif tersebut harus revolusioner dan sangat besar.

Jonan menyebutkan beberapa usulan tersebut. Salah satunya adalah pelarangan penjualan mobil berbahan bakar fosil pada 2040 dan pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dan bea masuk mobil listrik.

‎"Misalnya saya mengajukan mulai 2040 tidak ada penjualan mobil fosil, tapi memang ini belum disetujui," tutup Jonan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minyak masih digunakan

Kepala ekonom Briti‎sh Petroleum (BP) Group, Spencer Dale, mengatakan, perkembangan industri mobil listrik tidak akan mengurangi konsumsi minyak secara signifikan. Pasalnya, kendaraan hanya memakan porsi 21 persen dalam konsumsi minyak di seluruh dunia.

Konsumsi minyak dunia saat ini mencapai 95 juta barel per hari. Porsi untuk transportasi darat khususnya untuk mobil tak terlalu besar atau hanya sekitar 20 juta barel per hari. Artinya, porsi konsumsi minyak dunia untuk mobil hanya 21,05 persen.

Oleh karena itu, Spencer menyebutkan bahwa jika seluruh mobil mengganti sumber energi dari bahan bakar minyak (BBM) menjadi listrik, maka konsumsi minyak masih tetap tinggi, yaitu di kisaran 75 juta barel per hari.

Dale memperkirakan, penggunaan mobil listrik juga belum terlalu signifikan. Dari 1 miliar jumlah mobil yang beredar di seluruh dunia saat ini, hanya sekitar 2 juta unit yang sudah menggunakan energi listrik.

"Jumlah mobil kemungkinan akan meningkat dua kali lipat menjadi 2 miliar dalam 20 tahun, karena meningkatnya kesejahteraan negara berkembang," kata Dale.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ignasius Jonan saat ini menjabat sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia
    Ignasius Jonan pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia

    Ignasius Jonan

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik