Sukses

5 Instansi Ini Paling Sepi Pelamar CPNS 2017

Lembaga Sandi Negara (LSN) adalah instansi dengan jumlah pelamar hanya 62 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga batas akhir waktu pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 25 September 2017 kemarin, ada sejumlah kementerian dan lembaga (K/L) yang paling banyak diserbu pelamar. Namun demikian, ada juga K/L yang sepi peminat.

Data Badan Kepegawaian Negara (BKN), setidaknya lima K/L dengan jumlah pelamar CPNS terendah, bahkan di antaranya ada yang hanya mencapai puluhan pelamar saja.

Lima instansi dengan jumlah pelamar paling sedikit, pertama, Lembaga Sandi Negara (LSN) dengan jumlah pelamar 62 orang. Bahkan lembaga ini akhirnya memutuskan untuk memperpanjang batas waktu pendaftaran CPNS.

Kemudian di urutan kedua, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang hanya sebanyak 328 orang. Ketiga, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) yang sebanyak 891 orang.

Di urutan keempat ditempati Kementerian Periwisata (Kemenpar) yang sebanyak 1.363 orang. Kelima, yaitu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang sebanyak 1.670 orang.

Jumlah pelamar CPNS 2017 di lima K/L tersebut memang terhitung sedikit. Sebab sebagai perbandingan, untuk kementerian yang paling banyak pelamarnya, yaitu di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) jumlah pelamarnya mencapai 162.225 orang pelamar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Peminat

Pendaftaran CPNS gelombang II tahun 2017 telah resmi ditutup pada 25 September 2017 pukul 23.59 WIB. Sejak dibuka pada 11 September lalu, tercatat 1,29 juta orang mendaftar CPNS gelombang II ini.

Dari jumlah pendaftar tersebut, kementerian atau lembaga (K/L) mana yang paling banyak diserbu oleh pelamar?

Berdasarkan data dari BKN, ada lima instansi dengan jumlah pelamar paling tinggi. Urutan pertama ditempati Kemendikbud dengan jumlah pelamar mencapai 162.225 orang.

Kemudian di urutan kedua, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan jumlah pelamar 146.703 orang. Urutan ketiga yaitu Kementerian Kesehatan dengan jumlah pelamar 115.017 orang.

Disusul urutan keempat, Kementerian Pertanian (Kementan) yang mencapai 80.306 orang. Urutan kelima yaitu Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan jumlah pelamar sebanyak 78.847 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.