Sukses

Hati-Hati Info Lowongan Kerja Hoax Pegadaian

Beberapa waktu ini, di beberapa daerah muncul berita bohong baik melalui email maupun media sosial tentang rekrutmen karyawan Pegadaian

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat diminta berhati-hati terhadap email, telepon, SMS, atau pemberitahuan lain yang mengatasnamakan Direksi PT Pegadaian (Persero) tentang penerimaan pegawai dengan memungut biaya.

Humas PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani menyampaikan bahwa rekrutmen karyawan dengan meminta sejumlah uang kepada masyarakat adalah penipuan.

“Dalam setiap proses rekrutmen karyawan, Pegadaian selalu mengumumkan secara terbuka melalui surat kabar atau website resmi perusahaan www.pegadaian.co.id. Pegadaian tidak memungut biaya serta tidak bekerja sama dengan biro perjalanan/travel mana pun,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (28/9/2017).

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, apabila masyarakat mendapatkan informasi tersebut, agar melakukan konfirmasi ke kantor Pegadaian terdekat atau menghubungi Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero) di nomor 021-3155550 ext.411.

Beberapa waktu ini, di beberapa daerah muncul berita-berita bohong (hoax) baik melalui email maupun media sosial tentang rekrutmen karyawan PT Pegadaian. Kemudian para peserta diminta mengirimkan sejumlah uang untuk biaya transportasi dan akomodasi. Dalam berita tersebut, juga disebutkan salah satu biro perjalanan yang seolah-olah ditunjuk sebagai mitra Pegadaian.

“Kami mengimbau agar masyarakat hati-hati dan tidak mudah percaya. Apabila terdapat anggota masyarakat yang telah menjadi kurban penipuan tersebut agar melaporkan kepada yang berwajib,” tegas Basuki.

(Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.