Sukses

Ingin Meraup Rupiah di Musim Hujan? Coba 10 Ide Bisnis Ini

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba. Mungkin sebagian besar orang tidak menyukai musim hujan. Namun, tahukah Anda bahwa ada berkah yang tersembunyi saat musim hujan? Anda tetap bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah di saat musim hujan. Bagaimana carannya? Jawabannya adalah dengan mulai berbisnis.

Lalu, apa Anda sudah mempunyai ide berbisnis yang sesuai? Jika belum, mungkin beberapa ide bisnis di musim hujan ini dapat Anda coba.

Melansir laman 99businessideas.com, Jumat (29/9/2017), berikut 10 ide bisnis di musim hujan yang menguntungkan:

1. Produksi Benih Bersertifikat

Ini merupakan salah satu ide bisnis musim hujan yang paling populer. Produksi benih berkualitas yang mengikuti prosedur sertifikasi efisien berperan besar dalam peningkatan produksi pangan. Namun, produksi benih bersertifikat kualitas tinggi memerlukan keterampilan teknis yang cukup.

2. Kedai Kopi

Kedai Kopi

Secangkir kopi panas merupakan salah satu produk yang paling banyak diminati di musim hujan. Anda bisa membuka kedai kopi dengan beberapa makanan ringan dan teh.

3. Pertanian Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman paling serbaguna yang memiliki kemampuan beradaptasi lebih luas dalam kondisi agro-iklim yang bervariasi. Secara global, jagung sendiri dikenal sebagai ratu sereal. Dengan menjalankan bisnis pertanian jagung komersial menggunakan teknologi modern dan benih berkualitas dapat menjadi salah satu ide bisnis musim hujan yang paling menguntungkan.

4. Pembenihan Ikan

Pembenihan ikan adalah tempat untuk pemuliaan buatan, penetasan, dan pemeliharaan tahap awal ikan dan kerang pada khususnya. Pembenihan yang menghasilkan larva ikan dan ikan muda dapat mendukung industri akuakultur. Musim hujan sendiri merupakan waktu yang cocok untuk ikan air tawar mulai menetas.

5. Bisnis Laundry

Saat musim hujan, banyak orang yang malas mencuci baju. Alasannya tidak ada matahari bisa membuat baju susah kering dan malah bau. Untuk itu, bisnis laundry sangat menguntungkan di musim hujan.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Mencuci Mobil

Di saat orang-orang malas mencuci mobil kotornya di musim hujan, Anda dapat mengambil kesempatan itu. Menjalankan bisnis cuci mobil berbasis rumah adalah cara cerdas untuk menghasilkan banyak uang karena bisnis ini hanya membutuhkan modal yang kecil.

7. Budidaya Jamur

Budidaya Jamur

Ingin memiliki usaha budidaya pertanian, namun hanya memiliki sedikit ilmu dan teknologi pendukung? Mungkin Anda bisa mencoba menumbuhkan jamur untuk mendapatkan keuntungan selama musim hujan. Usaha budidaya jamur bisa menjadi keuntungan besar hanya dalam beberapa minggu dengan investasi modal awal yang sangat rendah untuk memulai usaha.

8. Pengendalian Hama

Musim hujan adalah musim yang sempurna untuk serangan hama. Anda bisa mulai layanan pengendalian hama yang menyediakan bisnis dari rumah. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tepat tentang berbagai jenis hama dan prosedur pengendaliannya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

9. Jual Jas Hujan dan Payung

Barang apa yang paling penting dan dibutuhkan saat musim hujan? Salah satu yang utama tentu adalah jas hujan. Biasanya jas hujan sangat dibutuhkan bagi para pengendara bermotor. Anda bisa coba untuk membeli jas hujan sebagai basis grosir dari produsen dan mulai menjualnya secara lokal.

Selain jas hujan, barang yang tak kalah penting dibutuhkan di musim hujan adalah payung. Permintaan akan produk payung sangat meningkat di musim hujan. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan mulai menjual payung untuk mendapat keuntungan.

 

10. Budidaya Bekicot

Budidaya Bekicot

Bekicot memiliki kadar protein, zat besi, rendah lemak dan hampir semua asam amino yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. Bekicot dianggap sebagai sumber nutrisi yang sehat dan enak. Anda bisa coba untuk memulai budidaya bekicot sebagai salah satu ide bisnis musim hujan.

Budidaya bekicot merupakan proses pengawetan bekicot tanah khusus untuk konsumsi manusia. Namun dalam menjalankan bisnis ini, Anda dituntut untuk disiplin dan memiliki pengetahuan khusus dalam teknologi modern.

 

Artikel Selanjutnya
4 Cara Agar Cepat Kaya dan Punya Banyak Rumah!
Artikel Selanjutnya
Urusan Transfer, AC Milan Jadi Paling Royal di Italia