Sukses

2 BUMN Gandeng Siemens Produksi Mesin Pembangkit

Menteri BUMN Rini Soemarno mengharapkan kerja sama dua BUMN dengan Siemens mendorong BUMN produksi generator pembangkit sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, dua BUMN telah sepakat melakukan kerja sama dengan Siemens, untuk memproduksi generator pembangkit.

Rini mengatakan, sejak Indonesia merdeka, banyak peralatan kelistrikan yang telah digunakan PT PLN (Persero) di antaranya pembangkit listrik, tetapi belum ada yang bisa diproduksi oleh perusahaan dalam negeri.

"Berpuluh-puluh tahun kita merdeka, PLN beli banyak power generator, tapi belum bisa bikin‎ sendiri," kata Rini, saat menghadiri peringatan hari listrik nasional, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (28/9/2017).

Rini pun menyambut baik adanya kerja sama dalam memproduksi pembangkit antara Siemens dengan PT Pindad (Persero) dan ‎PT Barata Indonesia (Persero). Hal tersebut merupakan bentuk sinergi BUMN dalam sektor kelistrikan.

‎"Dengan ini, saya sangat senang dengan sinergi BUMN," ucap dia.

Rini berharap, dengan kerja sama ini kedua BUMN tersebut dapat menguasai teknologinya, sehingga akan mendorong BUMN memproduksi generator pembangkit sendiri, meski untuk tahap awal hanya berkapasitas 10 Mega Watt (MW).

"Kami harapkan dalam waktu dekat bisa buat power generator sendiri biar pun size-nya 10 MW, tapi itu penting buat kita," tutur Rini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian BUMN merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN).

    Kementerian BUMN

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • siemens