Sukses

Supaya Lulus Tes CPNS, Ada Peserta Bawa Jimat Tali Pocong

Liputan6.com, Jakarta - Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2017 (CPNS) dibumbui kisah mistis. Ada peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang membawa jimat tali pocong dengan harapan lulus tes.

Dikutip dari akun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta, Jumat (29/9/2017), admin mengunggah cuitan setelah menciduk peserta CPNS 2017 yang kedapatan membawa jimat tali pocong. Jimat ini dibawa saat mengikuti tes SKD CAT Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham).

#SobatBKN, dipenghujung SKD CAT @Kemenkumham_RI masih ada peserta yang membawa benda-benda yang diyakini sebagai jimat.

Keterangan foto pun menyebut, peserta SKD CPNS Kemenkumham RI ada yang membawa tali pocong yang diyakini sebagai jimat.

Sontak unggahan tersebut mengundang reaksi dari warganet, ada yang nyinyir sampai yang komen lucu. "Kelakuan kids jaman now," tulis akun FBilayudha.

Adapula komen dari @fikriaziz88 yang menuliskan, "sebelum mencalonkan diri menjadi PNS, tolong imannya dimantapin dulu ye. Semua usaha dari kita, tapi yang menentukan Tuhan juga."

Sementara akun @Filkop7 menyarankan agar peserta CPNS 2017 belajar untuk bisa lulus seleksi. "Jimat mana bisa jawab pertanyaan UUD sama Pancasila? Mangnya jimat dikasih les privat dl sblm dibawa? Kl mau lulus, ya belajarrr."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Peserta Ketahuan Bawa Jimat

Sebelumnya, peserta CPNS 2017 juga ketahuan membawa berbagai macam jimat. Ini didapati di daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Yogyakarta. Informasi ini disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Diah Eka Palupi.

"Berbagai upaya dilakukan agar bisa lulus SKD CAT. Jimat pun menjadi salah satu upaya agar bisa lolos. Lokasi penemuan di Kalimantan, Sulawesi, dan Yogyakarta," kata Diah.

Tampak jimat berupa kain hitam dan kain putih yang diisi dengan jampi-jampi, peniti, cincin akik, benang, dan batu-batu akik kecil yang dilinting di uang kertas Rp 10 ribu, serta kain digulung dengan lokasi penemuan di Palembang.

"Kami temukan pas body check. Selepas ujian, semua jimat dikembalikan ke peserta," Diah menerangkan.

Dalam akun Twitter dan Facebook BKN pun sudah diunggah kicauan-kicauan mengenai jimat yang ditemukan petugas saat tes SKD CAT untuk penerimaan CPNS 2017 di berbagai daerah.

"#SobatBKN Pelamar D3/SMA @cpnskumham2017 jangan percaya dengan jimat. Percaya hanya kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dan yakin pada kemampuan diri. Sukses," kicau akun BKN.

Artikel Selanjutnya
Pelamar Tembus 1 Juta, Menkumham Minta Seleksi CPNS Diawasi Ketat
Artikel Selanjutnya
Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 Ditunda?