Sukses

Fakta Seputar Unit Link

Biasanya agen unit link menawarkan ilustrasi yang cukup fantastis.

Liputan6.com, Jakarta - Unit link menjadi salah satu produk asuransi yang sering dipasarkan oleh agen, baik secara langsung atau pun melalui telepon. Kelebihan yang ditawarkan agen dari poduk unit link dibanding dengan produk asuransi lain adalah unit link merupakan produk yang memberikan dua keuntungan. 

Keuntungan pertama adalah unit link memberikan perlindungan seperti produk asuransi biasanya. kelebihan kedua, unit link juga memberikan imbal hasil. Pasalnya, uang premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan untuk investasi ke produk reksa dana.

Perencana keuangan Safir Senduk menjelaskan, unit link sangat cocok bagi mereka yang menyukai kepraktisan. "Cukup beli satu produk dapat dua sekaligus, perlindungan asuransi dengan investasi," jelas dia kepada Liputan6.com, Sabtu (30/9/2017).

Sayangnya, biasanya agen unit link menawarkan ilustrasi yang cukup fantastis. Jika Anda membeli unit link maka akan mendapat imbal hasil yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang. Hal itu tidak salah karena memang secara jangka panjang produk tersebut bisa memberikan imbal hasil seperti dalam ilustasi.

Namun hal yang perlu Anda ketahui adalah produk dasar dari unit link adalah asuransi yang memberikan perlindungan. Oleh karena itu jangan terlalu fokus kepada imbal hasil.

Karena produk asuransi maka jangan kaget jika di tahun pertama hingga kedua premi yang dibayarkan akan dialokasikan lebih banyak ke proteksi. Kemudian untuk tahun-tahun berikutnya alokasi dana untuk proteksi akan berkurang sedikit demi sedikit.

"Jadi perlu diketahui dulu produk unit link itu bukan untuk jangka pendek," kata dia.

Oleh karena itu, Safir merekomendasikan pemilik unit link sebaiknya tidak memutus kontrak di tengah jalan terutama di tahun-tahun awal karena hal tersebut justru pemborosan. Memutus kontrak di awal justru proteksi dan investasi tidak akan maksimal.

Ia mengibaratkan produk unit link dengan sampo dan kondisioner. Jika memang menginginkan hasil yang maksimal maka sebaiknya memberi produk sampo sendiri dan kondisioner sendiri. Namun jika menginginkan kepraktisan maka bisa membeli produk sampo yang juga di dalamnya ada kondisioner. 

"Membeli produk asuransi sendiri dan produk investasi sendiri maka hasilnya akan maksimal. Tapi ada orang yang ingin praktis, tak mau ribet dengan membeli dua produk," kata Safir. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.