Sukses

5 Jenis Pekerjaan Paruh Waktu yang Paling Laku di Indonesia

pendapatan yang bisa didapat seorang freelancer di Indonesia juga cenderung lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan perubahan pada gaya hidup masyarakat. Kini, banyak orang yang memilih untuk tidak lagi bekerja di kantor. Mereka justru mencari uang dengan cara menjadi pekerja lepas atau freelancer.

Director International Freelancer.com Sebastian Siseles mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pekerja lepas terbanyak di dunia. Jumlah tersebut bahkan lebih banyak dibanding jumlah pekerja lepas di Inggris.

"Jumlah pekerja lepas Indonesia yang tergabung dalam situs kami mencapai 1 juta orang," tuturnya saat ditemui di Jakarta, Kamis, 28 September 2017.

Lebih lanjut Sebastian mengatakan, pendapatan yang bisa didapat seorang freelancer juga cenderung besar. Dalam satu kali proyek, mereka bisa mendapat lebih dari US$ 100 atau setara Rp 1,3 juta.

"Rata-rata freelancer yang mencari kerja di situs kami mendapat penghasilan US$ 166 (Rp 2,24 juta) per proyek," tuturnya.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa profesi freelance yang paling banyak dicari. Perusahaan yang menyewa jasa freelance ini pun banyak yang berasal dari luar negeri.

Apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari data freelancer.com:

1. Desain grafis

Ilustrasi desain grafis

2. Desain logo

Freelance | sumber foto: thebalance.com

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Photoshop

4. Excel

5. Entri Data

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini