Sukses

Pertamina Borong 11 Penghargaan di Kompetisi Inovasi Global

Delegasi Pertamina melakukan presentasi dan menerapkan inovasi di depan dewan juri asal Taiwan, Singapura, Polandia, Syiria dan Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Delegasi Pertamina kembali unggul dalam kompetisi inovasi internasional Taipei International Invention Show & Technomart 2017.

Dalam puncak acara yang dilaksanakan pada Sabtu 30 September 2017, lima tim yang mewakili Pertamina berhasil menyabet 11 penghargaan atas inovasi yang dipresentasikan di depan dewan juri.

Kesebelas penghargaan tersebut meliputi: 2 penghargaan Gold, 1 Silver, 1 Bronze, 1 Honorable Mention, dan 6 Hadiah bergengsi yakni dari Korean Invention Promotion Association, dari United Arab Emirates, Syirian Inventors, Polish Inventors Association, dan National Research Council Thailand.

Taipei International Invention Show & Technomart merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan sejak 2005. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pameran dan kompetisi teknologi yang bertujuan untuk mengekspose penemuan atau inovasi dari berbagai institusi, industri, akademisi dan pemerintah di seluruh dunia. Melalui ajang ini, diharapkan inovasi yang ditampilkan dapat menginspirasi dan menjadi sarana untuk mengakui inovasi sebagai kekayaan intelektual.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menyatakan selama 3 hari, mulai 28–30 September 2017, delegasi Pertamina yang merupakan para pemenang terpilih dalam ajang mutu Annual Pertamina Quality Award, melakukan presentasi dan berbagi pengalaman dalam menerapkan inovasi mereka di depan dewan juri yang berasal dari Taiwan, Singapura, Polandia, Syiria dan Jepang.

Dalam kompetisi inovasi yang diikuti 22 negara ini, delegasi Pertamina yang mewakili Indonesia, membuktikan hasil inovasi yang berawal dari upaya perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) di lingkungan kerja, mendapatkan pengakuan dunia.

"Pertamina terus mendorong para pekerja untuk berpacu dalam melahirkan inovasi yang lahir dari kegiatan perbaikan dalam pekerjaan sehari-hari. Dan terbukti inovasi yang telah diimplementasikan pekerja Pertamina dan diimplementasikan dalam kegiatan operasional, tidak hanya mendorong kreativitas pekerja, tetapi juga memberikan dampak finansial berupa potensi penghematan bagi perusahaan," jelas Adiatma, seperti ditulis Senin (2/10/2017).

Lima inovasi yang diikutsertakan dalam kompetisi kali ini yakni dari kelompok FT-PROVE Sentris dengan inovasinya meningkatkan kehandalan pipa alir dengan penerapan lapisan internal keramik di fasilitas produksi anjungan tak berpenghuni PHE ONWJ.

Selain itu ada PC-PROVE Poleng Punch Club dengan inovasinya meningkatkan produksi minyak dengan menjaga kontinuitas alir sumur yang diterapkan di Pertamina EP Asset 4 Poleng Field.

Kelompok PC-PROVE Flying Dutcman membawa inovasi peningkatan efektifitas dan efisiensi Single Point Mooring (SPM) dengan membuat tali tambat kapal ke SPM yang diberi nama "MESEM" (Modular & Flexible Self Assembly Mooring Hawser) dan diterapkan di TBBM Semarang Group. I-PROVE Tedi dengan inovasi pembuatan portable pressure calibrator yang diterapkan di Pertamina Gas Kalimantan Area, serta inovasi dalam mengoptimalkan margin di Refinery Unit III dengan mengolah produk bernilai rendah dari Kilang TPPI Tuban, menjadi minyak diesel.

Berikut Kategori Penghargaan yang diraih Pertamina :1. Dua Penghargaan Gold untuk : FT-P Sentris dan PC- P Optimis2. Satu Penghargaan Silver untuk I-P Tedi3. Satu Penghargaan Bronze untuk PC-P Poleng4. Honorable Mention untuk PC-P Flying Dutchman 5. Special Prize dari Korea (KIPA, Korea Invention Promotion Association) untuk PC-P Optimis6. Special Prize dari United Arab Emirates (UAE) untuk PC-P Flying Dutchman 7. Best Invention, Sepcial Prize of Syirian Intentors untuk I-P Tedi 8. Special Prize dari Polandia (Polish Inventors Association) untuk FT-P Sentris 9. Special Prize dari National Research Council Thailand untuk PC-P Flying Dutchman dan PC-P Poleng.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.