Sukses

Siap-Siap, SKD CPNS 2017 Gelombang 2 Segera Mulai

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 30 Kementerian dan Lembaga telah mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 gelombang ke-2. Setelah itu, para peserta yang lulus berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang rencananya digelar pada bulan ini dengan jadwal pelaksanaan masing-masing dari Kementerian/Lembaga (K/L).

"Ya SKD gelombang ke-2 akan dilaksanakan Oktober ini. Soal waktunya tidak sama, masing-masing K/L akan menyelenggarakan sendiri. Kami pun masih menunggu jadwal dari mereka," kata Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Suwardi dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Suwardi bilang, tes SKD dengan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) harus selesai pada bulan ini. "Kalau sesuai jadwal tahapannya, SKD harus tuntas di Oktober 2017," ucapnya.

Sebagai contoh dalam keterangan resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), instansi di bawah kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati ini akan melaksanakan pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) dan SKD bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada 9-20 Oktober 2017.

Namun dikonfirmasi kepada Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Diah Eka Palupi mengaku, tengah membahas pelaksanaan jadwal SKD CAT pada 30 Kementerian/Lembaga.

"Masih dibahas. Nanti akan diberitahu jika sudah pasti waktunya," kata Diah.

Berdasarkan laman menpan.go.id, Senin (2/1017), kementerian yang sudah mengumumkan, di antaranya Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam, Kementerian Sosial, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kementerian Perdagangan.

Lalu, ada pula Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Adapun lembaga yang sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi adalah Badan Kepegawaian Negara, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Keamanan Laut, Badan SAR Nasional, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Badan Ekonomi Kreatif, serta Polri.

Kemudian, Arsip Nasional RI, Lembaga Sandi Negara, Lembaga Administrasi Negara, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional, Sekretariat Mahkamah Konstitusi, dan Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial. Provinsi Kalimantan Utara pun sudah mengumumkan seleksi administrasi untuk CPNS putaran ke-2 ini.

"Peserta yang lulus diimbau secara rutin mengakses situs resmi untuk mengetahui pengumuman mengenai waktu dan tempat pelaksanaan SKD," ujar Suwardi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Lowongan Dibuka, Tagar CPNS Dominasi Trending Topic Indonesia
Artikel Selanjutnya
Mau Cek Info CPNS 2017 Gelombang II? Kunjungi 3 Situs Ini