Sukses

Miris, Ada Peserta CPNS Tes SKD yang Dapat Nilai Nol

Liputan6.com, Jakarta Pusat data Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan tingkat kelulusan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017 gelombang I, di Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) serta Mahkamah Agung (MA) dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tergolong rendah.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengungkapkan, tingkat kelulusan SKD peserta Mahkamah Agung (MA) hanya sekitar 14 persen dari total peserta yang mengikuti ujian sebanyak 19.278 orang.

“Dari total peserta itu, hanya 2.545 peserta yang memenuhi passing grade (nilai ambang batas kelulusan),” kata Ridwan dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Untuk diketahui, passing grade tahun ini ditetapkan 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), nilai 80 untuk Tes Intelegensia Umum (ITU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai 75.

Sementara, hasil SKD formasi D3/SMA Kementerian Hukum dan HAM, diakui Ridwan hanya mencapai 7,16 persen. “Dari total peserta yang mengikuti SKD sebanyak 267.692, hanya 19.166 peserta saja yang memenuhi passing grade,” ia menambahkan.

Bahkan Ridwan menyayangkan ada yang mendapat nilai nol oleh peserta SKD. Artinya ada peserta yang tidak menjawab soal sama sekali.

"Hal ini harus menjadi perhatian bagi calon peserta SKD gelombang ke-II yang direncanakan akan berlangsung pada Oktober 2017," harapnya.

Untuk seleksi CPNS gelombang ke-II, 30 kementerian/lembaga sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi. Rincian informasi kelulusan seleksi administrasi ke-30 instansi tersebut dapat diakses pada website masing-masing instansi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Mau Cek Info CPNS 2017 Gelombang II? Kunjungi 3 Situs Ini
Artikel Selanjutnya
Menteri PAN-RB: Waspadai Penipuan Penerimaan CPNS 2017