Sukses

Kaesang Bongkar Biaya Hidup Saat Kuliah di Singapura

Dalam video yang diunggah Youtuber Kevin Hendrawan, Kaesang membeberkan besaran biaya hidup yang ia keluarkan saat bersekolah di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, menghabiskan masa sekolahnya dengan menuntut ilmu di Singapura. Setelah lulus dari bangku SMA di ACS International, ia kini melanjutkan studi sebagai mahasiswa di Singapore Institute of Management University.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh Youtuber Kevin Hendrawan, Kaesang membeberkan besaran biaya hidup yang ia keluarkan saat bersekolah di Negeri Singa tersebut. Pemuda 22 tahun ini mengaku, biaya hidup di Singapura bisa beragam tergantung dari gaya hidup yang dimiliki.

Saat baru pindah ke Singapura, Kaesang menceritakan pengalamannya yang harus ekstra berhemat. Ini karena sang ayah yang kala itu lupa harus mengirimkan uang saku.

"Tergantung, bisa dibikin murah. Sebulan itu misalnya 50 dolar Singapura itu bisa. Misalnya ya, kan 50 dolar Singapura itu sama dengan Rp 500 ribu, beli Indomie itu kan dua dolar Singapura, jadi dapet lima. Satu Indomie dibagi tiga untuk sehari. Nah itu bisa buat lima hari lho," tutur pria kelahiran 1994 ini, seperti dikutip Rabu (4/10/2017).

"Pernah kayak gitu, pas baru pertama kali ke sini. Bapak itu ngirimin duit telat, bukan telat sih tapi lupa kalo harus ngirimin duit," lanjut Kaesang sambil tertawa.

Normalnya, kata Kaesang, biaya membeli makanan di Singapura sekitar 5 dolar Singapura atau Rp 50 ribu. Untuk minum, masyarakat bisa menikmati air minum gratis yang bisa diambil di keran.

Rata-rata satu hari, ia bisa menghabiskan 13 dolar Singapura untuk makan. Sementara ongkos transportasi berkisar 5 dolar Singapura untuk perjalanan pulang-pergi.

"Kalo Kaesang sehari, makan siang dan makan malam itu paling habis sekitar 10 sampai 13 dolar Singapura. Tidak makan pagi. Jadi, bangunnya di telat-telatin. Habis subuh trus tidur lagi, kalo enggak laper."

"Jadi sehari Rp 130 ribu, itu belum termasuk ongkos transportasi. Yang mahal di Singapura itu makannya dibanding transportasi," jelas Kaesang.

Untuk tempat tinggal, Kaesang memilih untuk tinggal bersama temannya. Biaya mes tersebut berkisar antara 800 - 1000 dolar Singapura atau Rp 8 - 10 juta.

Adik dari Kahiyang Ayu ini mengatakan sudah tinggal di Singapura selama enam tahun sejak SMA. Meski demikian, Kaesang mengaku lebih senang tinggal di Tanah Air.

"Aku sudah enam tahun tinggal di Singapura. dari SMA sampai kuliah. Kalo orang-orangnya lebih enak di Indonesia. Kalo di Singapura lebih individualis," jelasnya.

Di tengah menjalani kegiatan rutinitasnya, Kaesang terbilang aktif di media sosial dengan memiliki beragam akun media sosial, mulai dari Twitter, Blog, Youtube, hingga Instagram.

Pria 22 tahun ini juga bisa mendapat penghasilan sendiri dari bisnis pakaian yang dijalaninya. Pada akhir video, Kaesang bercerita bahwa pendapatannya tersebut akhirnya membuat ia tak lagi mendapat bantuan uang saku dari orang tua.

"Kalo sekarang kadang-kadang udah enggak dikirim. Udah empat bulan enggak dikirim. Lewat video ini nyinggung gitu lho, Pak empat bulan belum dikirim, Pak," canda Kaesang.

Simak Video Lengkapnya di akun vloger Kevin Hendrawan di Sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.