Sukses

7 Strategi agar Tetap Kompak dengan Rekan Bisnis

Inilah tujuh hal yang berhasil dilakukan agar bisa lancar menjalin bisnis dengan rekan bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjalani dunia bisnis memang tidak selalu mulus. Apalagi, bila bisnis tersebut dijalankan bersama dengan orang lain dan menjadi partner atau rekan bisnis. Itu sedikit harus lebih ekstra penanganannya.

Mendengarkan satu sama lain, saling memahami, dan menyatukan pendapat adalah salah satu kunci agar bisa menjalankan usaha yang sukses bersama rekan bisnis. Semuanya dimulai dengan gagasan dan kemungkinan besar.

Namun seringkali, karena tantangan dan rintangan meningkat, konflik meningkat dan energi yang mendapat kemitraan dari lapangan mulai berkurang.

Setiap rekan bisnis pasti pernah mengalami gejolak dalam menjalankan bisnisnya. Sebenarnya, kemitraan yang sukses tidak ditentukan oleh seberapa sukses bisnisnya, tapi seberapa bisa mereka mengatasi masalah yang ada antara satu sama lain.

Inilah tujuh hal yang dilakukan agar bisa lancar menjalin bisnis dengan rekan bisnis seperti dikutip dari laman Inc-asean.com, Sabtu (7/10/2017):

1. Tentukan visi dan misi 

Semua konflik didasarkan pada perbedaan untuk mencapai tujuan yang besar. Tanpa serangkaian nilai, tujuan, dan visi yang kuat untuk masa depan, kemitraan dipaksa bekerja dari satu kesepakatan jangka pendek ke yang berikutnya.

Namun, begitu Anda memiliki gambaran yang lebih besar dengan baik diartikulasikan, akan menjadi lebih mudah untuk gagasan, rencana, investasi, kompromi, dan strategi yang lebih besar. Rekan bisnis yang memiliki visi masa depan yang kuat dapat membuat langkah jangka panjang yang lebih berani karena mereka jelas pada tujuan akhir dan didorong oleh tujuan.

2. Pisahkan kontribusi awal dari kontribusi yang berkelanjutan

Memisahkan kontribusi awal dari kontribusi yang terus berlanjut memungkinkan Anda untuk lebih mudah mengukur dan melacak semua investasi dan eksposur setiap orang. Dalam langkah ini, sebaiknya juga memisahkan kepemilikan dari manajemen.

3. Fokus pada kontribusi yang diberikan selama ini

Hitung apa yang orang sumbangkan terhadap bisnis dan bagikan modal, apresiasi, dan biaya yang sesuai. Dalam kemitraan, Anda bisa mengubah segalanya menjadi poin yang digunakan untuk menghitung modal. Uang, waktu, gagasan, aset, dan reputasi semuanya diubah menjadi beberapa poin untuk mendefinisikan pemecahan modal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Tentukan peran dan ukuran kesuksesan Anda

Mendefinisikan peran dan tanggung jawab adalah kunci keberhasilan bisnis apa pun, namun dua kali lebih penting dalam kemitraan. Kemitraan yang baik membagi tugas dengan jelas, bagaimana keberhasilan di setiap peran akan diukur, dan bagaimana saling bertanggung jawab untuk menyampaikan hasil yang diharapkan.

5. Tentukan bagaimana buat keputusan

Hal ini penting dalam kemitraan yang besar, namun bahkan pada strategi yang lebih kecil, menentukan bagaimana keputusan akan dibuat adalah kunci untuk memperlancar operasi. Kemitraan yang hebat memiliki proses tata kelola yang baik dan seimbang. Mereka memiliki proses terdokumentasi untuk siapa yang akan terlibat di mana keputusan dan kapasitas apa sebelum keputusan perlu dibuat. Ini memberi mereka jalan yang jelas untuk diikuti. Mereka tahu terlalu banyak formalitas akan mengdorong prosesnya sementara terlalu sedikit, menciptakan konflik dan kekacauan di kemudian hari.

6. Miliki rencana untuk menyelesaikan perbedaan

Ketidaksepakatan tidak bisa dihindari. Tidak mungkin semua orang selalu menyetujui segala hal. Mintalah rencana untuk apa yang harus dilakukan saat Anda mencapai jalan buntu. Untuk keputusan tingkat rendah, Anda mungkin setuju satu pasangan atau pasangan lain akan memiliki keputusan akhir. Untuk keputusan tingkat menengah, Anda mungkin setuju untuk mengajukan suara. Untuk masalah utama, Anda dapat menyetujui di muka untuk memiliki proses resolusi formal yang menggunakan pelatih, mediator, atau arbitrator pihak ketiga.

7. Tinjauan dan rencana kemitraan triwulanan

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai kemitraan adalah meninjau ulang apa yang sedang dikerjakan, apa yang tidak, dan perubahan apa yang perlu dilakukan agar semua orang tetap sejajar, tepat sasaran, dan terlibat sepenuhnya. Hal ini juga bisa digunakan untuk merayakan kesuksesan yang telah dicapai.

(Fransiska Wahyuning)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.