Sukses

Medco Energi Beli Saham Saratoga Power

PT Saratoga Investama Tbk (SRTG) dapat dana segar US$ 40,35 juta dari penjualan saham anak usaha Saratoga Power.

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengambilalih 77,68 persen saham PT Saratoga Power pada 3 Oktober 2017.

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Jumat (6/10/2017), PT Medco Energi Internasional Tbk mengambil alih 784.840 saham atau mewakili 77,68 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor PT Saratoga Power.

Nilai transaksi pembelian saham itu sebesar US$ 129.214.944 atau sekitar Rp 1,74 triliun (asumsi kurs Rp 13.497 per dolar Amerika Serikat). Penandatanganan transaksi pembelian saham itu dilakukan pada 3 Oktober 2017.

"Dengan demikian, terhitung sejak tanggal penandatanganan akta pengambilalihan saham itu, perseroan efektif memiliki PT Saratoga Power dengan kepemilikan saham sebesar 77,68 persen," ujar Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro dalam keterbukaan informasi BEI.

Perseroan mengharapkan transaksi tersebut memberikan dampak positif bagi kelangsungan usaha dan operasional perseroan.

Terkait pembelian saham Saratoga Power itu, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) melalui anak usahanya PT Saratoga Sentra Business juga mengumumkan telah menjual sahamnya 24,11 persen di PT Saratoga Power kepada PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). Nilai transaksi itu mencapai US$ 40.359.071.

PT Saratoga Power merupakan pemegang 51 persen saham di PT Medco Power Indonesia yang merupakan operator sembilan pembangkit tenaga listrik dengan total kapasitas 400,7 MW.

PT Medco Power Indonesia selain mengembangkan dan mengoperasikan pembangkit tenaga listrik, perseroan juga menyediakan jasa teknis, pengadaan dan pembangunan (engineering, procurement and construction/EPC) dan jasa operasional.

"Sebagai suatu perusahaan investasi yang aktif, Perseroan juga melakukan divestasi dalam rangka menyelesaikan siklus investasi Perseroan," ujar Sekretaris Perusahaan PT Saratoga Investama Tbk Sandi Rahaju.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.