Sukses

Kaya Mendadak, Pria Ini Temukan Koin Kuno Rp 3,5 Miliar di Sawah

Penemuan tersebut berhasil dilakukan pria ini hanya dengan bermodalkan sebuah detektor logam.

Liputan6.com, New York - Dewi fortuna tampaknya tengah mengikuti langkah dari pria asal Inggris bernama Mike Smale. Bagaimana tidak, pria yang berprofesi sebagai nelayan ini mampu kaya mendadak setelah menemukan tumpukan koin kuno bernilai 200 ribu pound sterling atau Rp 3,5 miliar di sebuah sawah di daerah Bridport, Inggris.

Penemuan tersebut berhasil dilakukannya hanya dengan bermodalkan sebuah detektor logam. Setelah ditelisik, koin yang ditemukannya tersebut berusia 2.000 tahun dan berasal dari zaman romawi.

Mike Smale sendiri mengaku kaget saat menemukan satu koin murni tersebut. Sesaat setelah detektor logamnya berbunyi, ia segera menggali tanah pertanian tersebut dan menemukan sekitar 600 buah koin kuno langka.

"Ini sangat luar biasa, penemuan besar yang kualami sekali seumur hidup. Aku sudah menemukan satu atau dua peninggalan Romawi pagi itu," ungkap Mike seperti dilansir dari Mirror.co.uk, Senin (9/10/2017).

Rencananya, koin hasil temuannya akan diserahkan ke petugas pemeriksa barang antik untuk mengetahui nilai persisnya, dan kemungkinan harta karun itu akan dijual ke museum. Keuntungan penjualan rencananya akan dibagi dua oleh Smale bersama petani setempat.

Mike Smale dan petani yang menemukan koin tersebut (foto: SNSW)

"Ini adalah temuan yang penting. Dan apa pun yang kutemukan, aku akan membaginya (hasilnya) dengan orang-orang yang ikut membantu bersamaku," tutur Mike.

Sejarawan yang juga ahli koin kuno Dominic Chorney mengatakan, penemuan koin seperti ini merupakan hal yang sangat menarik. Koin ini bisa menjadi bukti sejarah penting yang bisa mengungkap peradaban romawi di tanah Inggris.

"Koin yang ditemukan Mike Smale ini digunakan oleh orang Romawi saat pemerintahan Kaisar Antonius dan sebelum Invasi Romawi ke Inggris pada tahun 43 masehi. Kemungkinan koin ini merupakan milik tentara Romawi atau penduduk sekitar waktu itu," jelasnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.