Sukses

Ekonomi Lesu, Miliarder India Malah Tambah Kaya

ekonomi India tengah tergelincir pada kuartal sebelumnya. Meski demikian harta kekayaan miliarder India terus bertambah.

Liputan6.com, New Delhi - Pelemahan ekonomi yang terjadi di India ternyata tidak berimbas ke para miliarder di negara tersebut. Jumlah harta orang-orang berduit di negara ini dilaporkan bertambah 26 persen dalam satu tahun terakhir. Total harta miliarder India kini mencapai US$ 479 miliar.

Hal ini tentu bertolak belakang dengan kondisi perekonomian India. Dilaporkan Forbes, Senin (9/10/2017) perekonomian India tengah tergelincir pada kuartal yang berakhir di Juni lalu dengan angka pertumbuhan yang hanya berada di 5,7 persen. Ini merupakan akibat dari demonetisasi dan ketidakpastian mengenai peluncuran pajak barang dan jasa nasional.

Meski demikian pasar saham menunjukkan pertumbuhan yang siginifikan yang akhirnya mendorong harta kekayaan dari 100 miliarder India.

Peringkat pertama miliarder terkaya di India masih dipegang oleh Mukesh Ambani. Ini merupakan tahun kesepuluh pria ini duduk di ranking teratas dengan kekayaan sebesar US$ 38 miliar.

Harta Ambani mampu bertambah US$ 15,3 miliar tahun ini berkat kesuksesan perusahaan telekomunikasi miliknya, Reliance Jio. Ia merupakan miliarder India dengan tambahan kekayaan terbesar dan masuk dalam peringkat lima besar miliarder terkaya di Asia.

Selain Ambani, miliarder India lain yang kekayaannya meroket tahun ini adalah pengusaha teknologi Azim Premji dengan kekayaan US$ 19 miliar. Ia naik dua peringkat tahun ini dengan tambahan harta sebesar US$ 4 miliar.

Meski demikian, tidak selamanya semua miliarder tersebut beruntung. Ada beberapa miliarder yang harus turun takhta, karena satu dan lain hal.

Tercatat 12 orang miliarder yang harus rela kekayaannya menciut dari tahun lalu. Setengah dari mereka, berasal dari sektor farmasi yang dilanda banyak tantangan.

Sebagai informasi, pada daftar miliarder dunia yang dirilis Forbes pada 2017, ada 101 orang kaya yang berasal dari India. Jumlah ini tentu terus meningkat dibanding tahun 2016 yang berjumlah 84 orang.

Angka itu pun menjadi rekor tersendiri bagi India. Managing Director konsultan keuangan Ahmadoff & Company asal Inggris Fakhri Ahmadov mengungkap, India mampu mencetak satu miliarder setiap satu bulan sekali.

"Ini merupakan rekor dalam sejarah. Hal ini berarti ada miliarder India yang lahir setiap 33 hari sekali," tutur Akhmadov.

Hal ini sejalan dengan laporan World Economic Forum. India merupakan negara pencetak miliarder terbanyak keempat di dunia. Peringkat teratas ditempati oleh Amerika Serikat, sementara China dan Jerman duduk di peringkat dua dan tiga.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.