Sukses

5 Tanda Anda Bakal Bangkrut

Berikut adalah tanda bahwa Anda harus membuat perubahan pada keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar manusia sangat ingin sukses secara finansial. Namun, pada kenyataannya, tindakan sebagian orang justru tidak sesuai dengan keinginan tersebut.

Urusan finansial memang sangat sulit, karena biasanya tidak selalu sesuai dengan keinginan. Kadang ingin membeli sesuatu barang tetapi hal tersebut akan membuat kantong jebol alias bangkrut.

Nah, untuk mencapai kesuksesan finansial, Anda harus mengubah sikap Anda dan mengetahui tanda-tanda menuju kesuksesan finansial.

Dikutip dari TheBalance.com, Minggu (15/10/2017), berikut ulasan hal yang bisa membuat Anda bangkrut:

Selalu menuruti keinginan

Sangat menyenangkan memiliki sesuatu yang Anda inginkan dan membeli dengan segera. Padahal hal tersebut akan membuat bangkrut jika dilakukan terus menerus. 

Anda harus sedikit lebih strategis untuk menabung. Hilangkan kebiasaan berbelanja untuk memuaskan keinginan. Penghematan yang konsisten dapat menambahkan ratusan bahkan ribuan kali dana ke tabungan.

Tidak memikirkan pensiun

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa hidup itu untuk sekarang bukan untuk nanti. Memang, Anda hidup di dunia sekarang. Namun, apakah Anda tidak ingin hidup sama atau bahakan lebih baik dari sekarang?

Bila ingin, mulailah mengubah pola keuangan Anda dengan menyimpan sebagian uang Anda. Ada pilihan, apakah Anda ingin hidup enak saat ini dan hidup sulit nantinya atau hidup sedikit lebih sulit saat ini dan menikmati hasilnya nanti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah rekening

Menaruh uang di banyak bank

Alih-alih ingin membagi uang ke beberapa kantung tetapi ternyata itu salah. Membuat banyak rekening bank, justru membuat Anda lebih boros.

Alasannya, Anda harus membayar biaya administrasi setiap bulan. Bila Anda memiliki laing sedikit dua rekening, maka pengeluaran Anda untuk biaya administrasi bank menjadi dua kali lebih banyak.

Tidak pernah mengatakan: "Itu tak masuk anggaran bulan ini."

Ini yang paling sulit dilakukan. Setiap bulan pasti Anda mempunyai daftar pengeluaran sendiri yang harus Anda biayai. Namun, terkadang justru pengeluaran dari luar daftar lebih besar.

Bila ada keputusan tidak sesuai dengan daftar, kenali itu dan akui dengan sebuah pernyataan yang mencerminkan apa yang penting bagi Anda.

Tak tetapkan tujuan

Bayangkan diri Anda satu tahun dari sekarang. Apa yang ingin dicapai? Apakah menginginkan jumlah uang yang sama di bank atau lebih?

Tuliskan di mana Anda inginkan. Kemudian tuliskan langkah-langkah tindakan yang harus Anda ambil untuk mencapainya. Sekarang, jadwalkan waktu yang ditentukan di kalender Anda untuk melakukan tugas ini.

Lakukan ini secara konsisten dan kesuksesan finansial akan menjadi milik Anda. (Fransiska Wahyuning)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.