Sukses

Fakta Menarik Mobil Tangki Pertamina yang Jarang Diketahui

Di balik gagahnya mobil tangki ini, ternyata menyimpan beberapa fakta menarik yang belum banyak diketahui orang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita tentu sudah akrab dan tak asing lagi dengan mobil tangki berwarna khas merah dan putih milik Pertamina. Bagaimana tidak, kita sering melihatnya hilir-mudik di jalan raya atau bahkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Mobil tangki ini memiliki andil besar dalam menyalurkan distribusi produk Bahan Bakar Minyak (BBM), seperti bensin, solar, dan pertamax di seluruh SPBU.

Di balik gagahnya mobil tangki ini, ternyata menyimpan beberapa fakta menarik yang belum banyak diketahui orang. Hal ini disampaikan oleh salah satu petugas Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Jakarta Group di kawasan Plumpang, Jakarta Utara dalam acara Pertamina Citizen Journalist Edutrip 2017 pada Kamis, 5 Oktober 2017.

Liputan6.com telah merangkum fakta menarik mobil tangki Pertamina sebagai berikut:

1. Isi Jenis BBM Bervariasi

Jika Anda mengira bahwa mobil tangki Pertamina hanya mengangkut satu jenis BBM saja, berarti Anda telah salah. Faktanya, isi mobil tangki Pertamina dapat diisi berbagai macam jenis BBM. Dalam satu mobil tangki bisa memuat solar, bensin, dan pertamax sekaligus. Ini tergantung daya tampung tiap mobil tangki.

2. Dipisahkan dengan sekat

Di dalam mobil tangki Pertamina terdapat sekat atau pemisah. Ini diperuntukan agar isi jenis BBM yang satu dengan yang lain tidak tercampur.

Dengan adanya sekat juga berfungsi agar BBM yang ada di dalam mobil tangki Pertamina tidak mengalami kebocoran karena terkena goncangan dari luar. Adapun jumlah sekat tiap mobil tangki juga berbeda. Sekat bisa berjumlah 1, 2, 3, 4, dan bahkan 5.

3. Pengisian Jenis BBM Sesuai Permintaan

Isi jenis BBM yang diangkut mobil tangki Pertamina ternyata tidak penuh sampai batas maksimal atau tidak penuh satu tangki. Jenis BBM yang diisi ke mobil tangki disesuaikan dengan permintaan SPBU.

Kebutuhan BBM tiap SPBU pun berbeda-beda. Pengisian BBM ke mobil tangki juga sesuai permintaan yang masuk.

Adapun daya tampung tiap mobil tangki ialah:

8 kiloliter (kl) = 8.000 liter

16 kl = 16.000 liter

24 kl = 24.000 liter

32 kl = 32.000 liter

40 kl = 40.000 liter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Mobil Tangki Tidak Isi Bensin di TBBM

Mobil tangki juga tetap menggunakan solar. Meski mobil tangki menampung banyak BBM, namun isi bensin untuk mobil tangki tidak diambil dari sana. Dan meskipun TBBM merupakan tempat penampungan BBM, mobil tangki juga tidak mengisi bensin di sana. Mobil tangki Pertamina memiliki tempat sendiri untuk mengisi bahan bakarnya.

5. Dibawa oleh Sopir Profesional

Standar kecepatan untuk mobil tangki dalam posisi kosong kecepatan maksimalnya hanya boleh 60 km/jam, sementara untuk mobil tangki yang berisi, kecepatan maksimalnya hanya 40 km/jam. Selain itu, saat mengendarai mobil tangki harus menggunakan rem dengan tepat.

Ketentuan ini harus diterapkan agar mobil tangki tidak terbalik atau mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, dibutuhkan sopir profesional untuk membawa mobil tangki Pertamina.

Bagaimana, menarik bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini