Sukses

Hindari 3 Pertanyaan Ini saat Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Pada akhir wawancara kerja, biasanya Anda akan diberi waktu oleh HRD untuk mengajukan pertanyaan. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk Anda lebih mengetahui kejelasan tentang pekerjaan atau status Anda di perusahaan. Sehingga, setelah masuk dan bergabung dalam perusahaan tersebut Anda tidak lagi mengeluh.

Hal ini memang sangat dimanfaatkan banyak orang. Namun, sayangnya ketika menggunakan kesempatan ini terkadang banyak orang yang salah mengajukan pertanyaan. Mungkin dikarenakan gugup atau canggung sehingga pertanyaan yang diajukan seakan justru berlebihan.

Berikut adalah pertanyaan yang harus Anda hindari saat diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan HRD saat wawancara kerja menurut Karir.com:

“Perusahaan ini bergerak di bidang apa?”

Pertanyaan ini memang baik untuk menambah wawasan Anda tentang tempat kerja Anda. Namun, tahukah Anda bahwa ini sebenarnya harus dihindari? Karena, jika Anda melakukan pertanyaan ini akan menunjukkan Anda tidak siap dan tidak antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika ingin lebih mengetahui tentang perusahaan Anda, bisa ditanyakan setelah Anda masuk kantor kepada teman Anda.

“Apa saya mendapat fleksibilitas jam kerja?”

bekerja dengan waktu yang fleksibel memang menjadi keinginan semua orang. Namun, sebagai pewawancara ini justru pertanyaan yang tidak sopan dan menunjukkan pribadi Anda yang tidak menuntut. Karena, Anda belum tentu keterima di perusahaan tersebut.

“Berapa gaji dan fasilitas apa saja yang akan saya dapatkan?”

Walaupun diberi kesempatan bertanya, tetapi jangan pernah Anda memanfaatkan waktu itu untuk bertanya mengenai gaji dan fasilitas yang Anda terima. Karena, ini adalah hal sangat sensitif.

Anda tidak perlu khawatir kalau akan mendapat gaji dan fasilitas yang tidak sesuai. Karena, akan ada waktunya HRD akan menanyakan ke Anda mengenai gaji dan fasilitas. Bukan Anda yang menanyakan saat wawancara kerja. (Fransiska Wahyuning)

Simak video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Hindari 5 Topik Diskusi Ini Saat di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis