Sukses

Tingkatkan Kualitas SDM, Bea Cukai se-ASEAN Kumpul di Yogyakarta

Para petugas kepabeanan se-Asia Tenggara melakukan pertemuan di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Para petugas kepabeanan se-Asia Tenggara melakukan pertemuan di Yogyakarta. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kapassitas sumber daya manusia dan modernisasi kepabeanan ASEAN.

Para petugas ini berkumpul dalam acara yang bertajuk Customs Capacity Building Working Group (CCBWG) ke-21 diadakan pada tanggal 10-12 Oktober 2017 di Yogyakarta.

Sejak memasuki abad baru, ASEAN Customs telah membuat kemajuan penting dan hasil nyata dalam pelaksanaan Rencana Strategis Pengembangan Kepabeanan dan menunjukkan upaya terus-menerus dalam proses modernisasi dan kontribusi terhadap peningkatan daya saing ASEAN.

“CCBWG sebagai kelompok kerja dengan tanggung jawab besar diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas dan integritas kepabeanan sehingga tidak terjadi timpang antar negara di regional asean dalam hal modernisasi,” kata Kakanwil Ditjen Bea dan Cukai Jateng DIY Parjiya di Yogyakarta dalam keterangan resminya, Selasa (10/10/2017).

Dalam pertemuan CCBWG ini, akan dibahas sejumlah agenda penting yaitu reformasi dan modernisasi administrasi kepabeanan, pengembangan administrasi sumber daya manusia, mengurangi kesenjangan kualitas sdm kepabeanan di ASEAN dan Knowledge Based Service (Pelayanan Berbasis Pengetahuan).

“Keikutsertaan Indonesia pada CCBWG ini bisa memperkuat posisi Indonesia dalam mata rantai pasokan regional melalui investasi asing pada sektor-sektor produktif yang tersedia dan diharapkan peran Indonesia harus lebih strategis dalam mengawal perundingan yang dapat menjaga kepentingan nasional,".

Untuk itu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai harus berperan aktif dalam perundingan ini demi mengawal pengembangan standar mutu kepabeanan yang akan dijalankan nantinya dalam kerangka CCBWG ini,” kata Direktur Kapatuhan Internal Hendra Prasmono yang juga bertindak sebagai Chairperson CCBWG di Yogyakarta.

Dengan tujuan untuk memperkuat integritas pabean, Indonesia mempresentasikan Matrix tentang "Best Practice Guide for ASEAN Quality Standard". Ke depan, Sekretariat ASEAN akan mengoperasikan halaman web Berbasis Pengetahuan untuk berbagi pengalaman dan dokumen Human Resource Management (HRM) terkait yang mendukung anggotanya untuk memodernisasi sistem IT dari masing-masing negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini