Sukses

Kegiatan Ini Bikin Generasi Milenial Menyesal Habiskan Uang

Ekonom Universitas Duke Dan Ariely menuturkan, kadang seseorang menyesal habiskan uang untuk kesenangan pribadi yang salah.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sejumlah orang, tak bisa melepas kebiasaan minum kopi sehari-hari. Apalagi di zaman sekarang, generasi milenial disuguhkan berbagai minuman kopi.

Kini minum kopi sudah menjadi gaya hidup. Padahal minum kopi di kafe dapat menganggu kondisi keuangan seseorang terutama generasi milenial.

Generasi ini biasanya mendapatkan nasihat keuangan dari generasi X dan baby boomer tentang apa yang seharusnya dan tidak boleh dilakukan. Kedua generasi itu puas dengan hal apa yang dibeli mereka.

Namun, sayang hal ini tidak berlaku untuk generasi milenial. Berdasarkan survei terhadap 1.000 orang berusia 20-26 tahun yang dilakukan oleh Universitas Duke menemukan kalau sebagian generasi milenial menyesal menghabiskan uang untuk minum kopi dan makan di luar seperti restoran.

Sekitar 62 persen menyesal keluarkan uang untuk makanan cepat saji. Sedangkan 97 persen menyesalkan soal biaya bank.

"Sepertinya kita menyesal habiskan uang untuk kesenangan pribadi yang salah," ujar Ekonom Universitas Duke Dan Ariely, seperti dikutip dari laman Marketwatch, seperti ditulis Rabu (11/10/2017).

Dalam survei itu juga menyebutkan kalau 60 persen-85 persen generasi milenial tidak menyesal habiskan uang untuk mendukung komunitas lokal, perawatan kesehatan, seni, hiburan, pendidikan, belanja, gym.

Selain itu perjalanan, asuransi, barang elektronik. Sementara itu, berdasarkan studi yang dilakukan situs keuangan Bankrate menemukan kalau generasi milenial menghabiskan rata-rata yuang US$ 2.300 per tahun. Angka ini lebih besar ketimbang generasi lebih tua.

Uang itu digunakan untuk belanja, beli bahan bakar, makan di restoran, kopi dan tagihan telepon seluler. "Seringkali ini adalah biaya kecil seperti hang out tetapi menjadi malapetaka pada anggaran Anda," tulis Bankrate.

"Generasi milenial menjadi korban untuk menghabiskan uang di kafe," tambah Bankrate.

Disebutkan, rata-rata generasi milenial makan di restoran bisa lima kali dalam seminggu. Hampir 30 persen mengatakan, kalau generasi milenial beli kopi tiga kali dalam seminggu. Sekitar 54 generasi milenial makan di luar rumah dalam tiga kali seminggu. Angka ini lebih besar ketimbang generasi X-ers dan baby boomer.

Dalam survei The Common Cents Lab menemukan kalau generasi milenial menyesali pembelian lebih kecil yang banyak ketimbang pembelian besar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.