Sukses

Lion Air Akan Buka Penerbangan Bandara Silangit-China

Liputan6.com, Jakarta Bandar Udara (Bandara) Silangit di Sumatera Utara akan resmi berstatus sebagai Internasional pada 28 Oktober 2017. Rencananya ini akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk mendukung ini, kementerian Perhubungan mendorong maskapai untuk segera membuka rute internasional dari bandara tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengungkapkan, sudah ada beberapa maskapai yang menyatakan minat untuk menerbangi bandara Silangit dengan rute internasional.

"Lion menyatakan minat akan terbang internasional dari sana (Silangit), rutenya ke salah satu kota di China," kata Agus saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Rabu (11/10/2017).

Hanya saja, rute internasional ke China tersebut akan diterbangi dengan penerbangan charter. Penerbangan charter ini menjadi tes pasar yang dilakukan Lion Air sebelum nantinya bisa dilakukan secara reguler.

Apa yang dilakukan Lion Air ini akan meniru langkahnya saat mendatangkan wisatawan China ke Manado, Sulawesi Utara. "Pengalaman Lion Air kembangkan Manado itu kan bagus sekali, kita apresiasi hal itu," ujar Agus.

Adapun Bandara Silangit hingga semeseter 1 2017 telah melayani lebih dari 60 ribu penumpang. Jumlah ini naik hampir tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu 26.314 penumpang.

Per 28 Oktober, bandara ini akan memiliki runway sepanjang 2.450m X 45 m. Dengan panjang ini maka pesawat sekelas Boeing 737-900NG sudah bisa mendarat.

Setidaknya untuk penerbangan domestik yang sudah ada, 10 pergerakan dilayani di Bandara Silangit ini. 10 pergerakan itu dilakukan oleh 3 maskapai yaitu Wings Air, Garuda Indonesia, dan Sriwijaya Air.

Tonton Video Pilihan Ini:

 

Artikel Selanjutnya
China Southern Airlines Gabung ke Terminal 3 Bandara Soetta
Artikel Selanjutnya
Lion Air Buka Rute Penerbangan Charter Jakarta-Sanya Tiongkok