Sukses

4 Trik Hemat agar Nge-gym Tetap Asyik

Perhitungkan kondisi keuangan dan tentukan tempat fitness yang menawarkan fasilitas secara optimal

Liputan6.com, Jakarta Bulan ini mungkin Anda sudah memutuskan untuk aktif berolahraga. Anda merasa, kesibukan sehari-hari yang begitu padat telah membuat Anda semakin mengabaikan hak-hak tubuh untuk mendapatkan asupan kebugaran.

Sudah semestinya Anda sisihkan waktu untuk rutin berolahraga sebagai investasi kesehatan dalam jangka panjang. Anda mungkin sudah melirik beberapa pusat kebugaran sebagai solusi untuk mulai menjalankan gaya hidup sehat.

Fitness center menjadi pilihan dengan pertimbangan bisa datang kapan saja begitu ada waktu luang. Bahkan di sela-sela istirahat kerja. Namun setelah pilah-pilih beberapa gym ternama yang menawarkan berbagai paket menarik, Anda justru ragu mengambil keputusan.

Maklum saja, rata-rata harga keanggotaan yang mereka tawarkan tidak bisa dibilang murah. Setiap bulan, paling tidak Anda mesti menyiapkan dana Rp 300 ribu-Rp 500 ribu untuk 2-3 kali pertemuan. Baiklah, jangan buru-buru memilih. Alih-alih menjadi sehat, salah pilih gym  justru bisa membuat Anda  stres karena dompet terkuras.

Perhitungkan kondisi keuangan dan tentukan tempat fitness yang menawarkan fasilitas secara optimal. Baca trik hemat dari Danaxtra  berikut ini, agar Anda bisa menikmati moment nge-gym sehat tanpa menguras isi kantong.

Trik Hemat #1 : Pilih yang Lokasinya Dekat

Sekadar mengingatkan, sebelum mengambil keputusan apapun yang mempengaruhi kondisi keuangan, kita perlu berfikir ulang apakah memang perlu melakukannya atau tidak. Jadi kalau dana Anda terbatas, silakan pertimbangkan dengan matang apakah memang perlu masuk dalam keanggotaan sebuah pusat kebugaran atau cukup berolahraga halaman belakang rumah.

Jika dengan beberapa alasan kuat Anda akhirnya tetap memutuskan untuk bergabung dalam membership fitness center, pertimbangkan lokasinya. Untuk mendapatkan kondisi fisik yang selalu prima, Anda tentu memerlukan latihan secara rutin.

Dengan kata lain harus disediakan waktu untuk bolak-balik ke tempat kebugaran dengan jadwal teratur. Oleh karena itu pilih tempat latihan yang lokasinya dekat dengan kantor atau rumah. Dengan begitu Anda bisa hemat  waktu, tenaga dan biaya bahan bakar kendaraan untuk perjalanan menuju pusat kebugaran.

Biasanya, harga keanggotaan pusat kebugaran di dekat perkantoran lebih mahal daripada yang berada pinggiran kota dan lingkungan pemukiman. Oleh karena itu Anda pantas mempertimbangkan fitness center yang berada di dekat rumah, ketimbang yang ada di lantai dasar gedung belasan lantai di bawah kantor Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

Trik Hemat #2: Cari Paket Sesuai Budget

Saat kita memutuskan untuk bergabung dalam pusat kebugaran tertentu, hitung harga yang ditawarkan. Apakah biaya yang akan dikeluarkan sesuai dengan tujuan? Bila menurut Anda biaya yang ditawarkan terlalu mahal, sebaiknya cari pusat kebugaran lain.

Jangan sampai program kesehatan Anda justru menjadi beban finansial yang membuat mental tidak sehat. Manfaatkan layaan free trial yang biasanya ditawarkan pusat kebugaran untuk calon anggota sebagai trik hemat agar Anda tidak salah mengambil keputusan.

Layanan ini memungkinkan Anda menguji coba fasilitas yang tersedia secara gratis selama beberapa kali atau dalam kurun waktu tertentu sebelum memutuskan untuk menjagi anggota. Cobalah bertanya kepada staf di sana apakah mereka menawarkan fasilitas bayar sekali datang dan bukan paketan.

Sekilas biaya paket menawarkan harga lebih murah ketimbang perhitungan per kedatangan. Namun jangan salah, membayar paket penuh justru bisa merugikan jika Anda tidak bisa rutin datang. Apalagi jika tugas Anda mengharuskan sering dinas luar kota.

Jika tidak suka berlatih kebugaran, jangan ambil paket khusus kebugaran. Abaikan pula paket yang memberi fasilitas peminjaman handuk jika bisa membawa sendiri dari rumah. Beberapa kantor menawarkan voucher khusus untuk keanggotaan di pusat kebugaran. Apa salahnya Anda bersepakat dengan teman-teman untuk memanfaatkan fasilitas itu?

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Trik Hemat #3 : Cari Promo dan Diskon

Sebaiknya Anda tidak tergesa-gesa. Jangan langsung datang sambil memakai sepatu olahraga lalu menggesek kartu kredit untuk menjadi anggota. Tetap tanyakan, apakah pusat kebugaran tersebut punya program promosi karena biasanya setiap bulan memang selalu ada promosi untuk anggota baru.

Rata-rata setiap pusat kebugaran selalu menyelenggarakan berbagai promo atau diskon untuk menarik anggota baru. Anda bisa menyimak model-model diskon berikut ini dan manfaatkan program yang tepat sebagai trik hemat untuk berolahraga di pusat kebugaran:

a. Diskon untuk bayar penuh

Beberapa pusat kebugaran menawarkan diskon besar jika Anda membayar penuh di depan dibanding membayar beberapa kali dalam beberapa bulan.

b. Diskon Grup

Kebanyakan fitness center menawarkan  harga murah kepada pendaftar secara berkelompok. Untuk mendapatkan keuntungan ini, Anda bisa mengajak kolega, teman-teman atau pasangan mendaftar bersama-sama dalam sebuah kelompok tersendiri.

c. Diskon Perusahaan

Tidak ada salahnya bertanya kepada perusahaan tempat Anda bekerja, adakah penawaran kerjasama dengan fitness center tertentu. Selain bisa meningkatkan kekompakan sesama karyawan, beberapa program kerjasama jenis ini biasanya memberi diskon  yang  bisa menghemat uang Anda.

Potongannya bisa 10 persen bahkan 30 persen dari keanggotaan. Lumayan kan?

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

d. Diskon Area

Beberapa fitness center yang berlokasi di kompleks perumahan juga sering memberikan diskon keanggotaan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah tersebut. Untuk itu Anda dapat mengunjungi situs dan media social fitness center lokal guna mengetahui penawaran atau kupon khusus yang mereka  adakan pada momen tertentu.

e. Promo Pembukaan

Pada saat baru dibuka atau akan dibuka, fitness center biasanya menawarkan harga promosi untuk menarik pelanggan baru.

f. Diskon Anggota Baru

Banyak tempat fitness menawarkan beragam diskon pada momen tertentu. Misalnya gratis biaya pendaftaran atau potongan harga yang lain. Tanyakan terlebih dahulu apakah pusat kebugaran tersebut punya program promosi.

Jangan langsung mendaftar karena biasanya setiap bulan memang selalu ada program promosi untuk anggota baru.

g. Diskon Akhir Bulan

Ada fitness center yang justru membanjiri calon anggota baru dengan berbagai promo atau penawaran khusus pada akhir bulan. Hal ini biasanya dilakukan untuk memenuhi kuota penjualan sebelum tutup buku.h. Diskon saat Sepi. Harga member fitness center juga cenderung turun selama musim tertentu, seperti pada pertengahan tahun atau menjelang tutup tahun bahkan menjelang bulan puasa.

Hal itu dilakukan karena pada saat-saat tersebut biasanya pengunjung cukup sepi. Jika Anda sabar menunggu sampai saat itu tiba, Anda bisa mendapatkan paket istimewa dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya bayar tiga bulan untuk keanggotaan enam bulan. Asyik kan?

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Trik hemat #4: Cari Promo Asuransi atau Kartu

Biaya fitness yang mahal sebenarnya tidak perlu menjadi hambatan jika Anda pintar memanfaatkan fasilitas dan promo yang diberikan oleh asuransi atau kartu kredit Anda. Ada beberapa asuransi kesehatan yang menawarkan diskon keanggotaan di pusat kebugaraan.

Produk asuransi kesehatan dari sebuah perusahaan plat merah, misalnya, menawarkan paket nge-gym sekaligus asuransi hasil kerjasama dengan sebuah pusat kebugaran di Ibukota. Melalui program tersebut, konsumen akan mendapatkan paket personal trainer sekaligus asuransi kecelakaan diri.

Selain itu, untuk setiap pelanggan baru asuransi tersebut, ditawarkan free trial 7 hari atau diskon 10 persen di fitness centre mitra.  Barangkali lupa, cobalah Anda baca-baca lagi manfaat asuransi kesehatan yang Anda miliki.

Bagi pemilik kartu kredit manfaatkanlah kartu Anda untuk mendapatkan sejumlah potongan harga. Promo seperti ini biasanya dipasang di media massa atau di tempel di depan gym. Potongannya lumayan berasa. Sekitar berkisar 10 persen-20 persen bahkan terkadang sampai 50 persen. Atau bayar enam bulan, dapat keanggotaannya selama setahun.

Selain mendapatkan penawaran istimewa, jangan lupa dengan kartu kredit  Anda bisa membayar membership  secara dicicil sehingga  biayanya menjadi tidak terasa terlalu mahal.  Mumpung niat olahraga sedang tinggi, mengapa tidak manfaatkan kartu kredit Anda untuk investasi sehat jangka panjang? Nge-gym yuk..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini