Sukses

5 Langkah Melek Investasi untuk Perempuan Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - Stereotip jika perempuan yang suka uang itu adalah perempuan mata duitan memang sudah mengakar di masyarakat. Berbeda kasusnya jika laki-lakilah yang ada di posisi ini. Lelaki yang ambisius dalam mencari uang dicap sebagai laki-laki pekerja keras. 

Padahal, untuk bisa bertahan hidup di dunia ini tak akan melihat gender. Karena semua orang perlu uang, tak menjadi soal jika perempuan tumbuh menjadi sosok yang mandiri dari segi finansial.

Sayangnya, untuk mandiri secara finansial, menabung saja tidaklah cukup. Biaya hidup terus melambung, seperti perumahan, kesehatan, pendidikan, dan harga makan. Ini diperparah dengan adanya inflasi yang bakal mengurangi nilai uangmu. Arisan keluarga pun gagal jadi penyelamat.

Cara ini tak begitu efektif untuk memutarkan uangmu agar tak mengalami rugi. Dikutip dari Swara Tunaiku, supaya kamu bisa mengakali kondisi ini, maka harus pandai-pandai dalam mencari solusi. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan investasi.

Kini, investasi tak hanya bidangnya para lelaki lho. Kita bisa melihat beberapa sosok perempuan yang sukses berkarier dalam bidang finansial. Di antaranya, Sri Mulyani yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia, Madam Christine Lagarde yang menjabat sebagai Managing Director International Monetary Fund. Satu lagi nih, Geraldine Weiss yang sukses menjadi investor perempuan pertama yang menggeluti bidang  finansial.

Bisa disimpulkan, investasi bukanlah musuh perempuan. Mengapa? Karena investasi bisa membantu kamu dalam merencanakan keuangan sekaligus mewujudkan impianmu. Satu lagi, investasi itu tak serumit yang kamu bayangkan.

Coba cari tahu dengan googling atau bertanya pada orang yang sudah berpengalaman ya. Pilihan instrumen investasiJika ingin berinvestasi, ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba. Sebagai pemula, kamu bisa memilih investasi yang fleksibel dan praktis. Inilah beberapa instrumen investasi yang bisa kamu pilih.

1. Asuransi Kesehatan

Perlu disadari bahwa asuransi kesehatan itu sangatlah penting. Apalagi, perempuan cukup rentan terserang berbagai penyakit seperti kanker payudara dan kanker serviks, dan penyakit lain ketika kamu sudah berusia lanjut.

Satu lagi nih, biaya kesehatan tak bisa dikatakan murah. Sehingga, ada baiknya kamu berjaga-jaga dan mengantisipasinya sejak dini. Takutnya, saat memasuki hari tua kamu ada masalah finansial. Untungnya, kini sudah banyak kok perusahaan asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih.

Bahkan ada pula yang digabung dengan investasi saham atau reksa dana. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Perhiasan dan emas

Investasi jenis ini memang paling cocok untuk perempuan. Kamu tak perlu ribet dan cukup membelinya di toko emas. Dan lagi, emas bisa kamu pakai dalam acara tertentu, seperti saat harus pergi ke kondangan. Lalu, bagaimana jika investasi emas batangan? Sebaiknya kamu simpan di  bank saja.

Umumnya, bank memiliki layanan untuk investasi jenis ini. Satu lagi, investasi ini bisa dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Namun, umumnya banyak yang memilih untuk investasi jangka panjang karena harga emas dipengaruhi tren  yang selalu berubah sewaktu-waktu.

3. Produk fashion

Produk fashion tak hanya sebatas untuk penunjang penampilan semata. Kini, kamu juga bisa investasi produk fashion.  Kamu bisa menjual kembali koleksi barang bermerek seperti tas, sepatu ataupun baju. Kini, banyak kok peminat barang seken asalkan kualitas masih bagus.

Tak menutup kemungkinan kamu bisa dapat lebih banyak untung dengan menjual barang vintage yang laku keras di pasaran.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Properti

Buat perempuan, investasi properi sangat dianjurkan. Jenis investasi ini cukup praktis karena kamu tak harus memantau pergerakan saham setiap saat. Kamu bisa membeli aneka properti seperti kos-kosan, rumah tinggal hingga apartemen.

Investasi semacam ini juga bisa disebut dengan long term investment. Kamu bisa menyewakan kembali produk yang telah dibeli. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan untung jangka panjang.

5. Reksa dana

Satu lagi nih investasi yang cukup sederhana bagi perempuan yaitu reksa dana. Mulai dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga, bisa mencoba investasi reksa dana. Nantinya, akan ada manajer investasi atau agen yang akan mengelola uangmu.

Para agen ini bisa juga membantu untuk memilih reksa dana yang sesuai dengan prefensi dan profil. Namun, sebelumnya kamu harus mencari manajer investasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu.

Yuk segera sisihkan penghasilanmu untuk memulai investasi. Dengan mandiri secara finansial, kamu bisa bertahan dalam segala kondisi. Nantinya, kemapanan finansial ini juga baik untuk diri sendiri ataupun untuk keluarga jika kamu menikah kelak. Tak salah kok jadi perempuan mata duitan demi masa depan yang aman dan terjamin!

Artikel Selanjutnya
Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 300 Miliar ke PNM
Artikel Selanjutnya
Ingin Mulai Investasi? Yuk, Kenali Pilihan Asetnya