Sukses

Saham Naik 450 Persen, Pengusaha Ini Jadi Orang Terkaya di China

Liputan6.com, Hong Kong - Ada wajah baru di jajaran orang paling kaya di China. Pengusaha properti Xu Jiayin, yang juga pendiri perusahaan Evergrande sekarang menjadi orang paling kaya di China.

Hal itu berdasarkan daftar terbaru jajaran orang kaya China oleh laporan Hurun. Hurun didirikan pada 1999, dan merupakan organisasi terkemuka di China yang mengumpulkan orang kaya dan terkenal.

Xu, yang juga dikenal sebagai Hui Ka Yan mengalahkan pengusaha real estate Wang Jianlin dalam daftar orang terkaya di China. Posisi Wang berada di nomor lima seiring kekayaannya menyusut hampir 30 persen.

Kekayaan Xu melonjak 272 persen sepanjang 2016. Dia memiliki lebih dari 70 persen saham Evergrande. Sejak awal 2017, saham Evergrande telah naik lebih dari 450 persen.

Para pengembang mendapatkan keuntungan dari pasar properti yang sedang menghangat di China. Harga properti terus meningkat meski ada upaya pemerintah untuk mengendalikannya.

Akan tetapi bisnis Evergrande dibangun di atas tumpukan utang besar hampir US$ 50 miliar pada akhir 2016. Ini memicu kekhawatiran apakah Xu dapat mempertahankan pertumbuhan bisnisnya.

Dalam laporan awal 2017, lembaga pemeringkat internasional Fitch memperingatkan, biaya bunga dan pembayaran utang Evergrande yang tinggi kepada pemegang saham akan mencegah mengurangi utang secara signifikan.

Terkait jajaran orang kaya terbaru di China, Xu bukan satu-satunya pengusaha mendapatkan keuntungan dari boomingnya properti pada 2017. Yang Huiyan, ahli waris dari perusahan properti Country Garden dan termasuk wanita terkaya di China mencatatkan kekayaan naik hingga menjadi US$ 24 miliar. Kini dia berada di urutan keempat orang terkaya di China.

Sementara itu, Pony Ma, pendiri raksasa media sosial Tencent, kekayaannya naik berada di posisi kedua. Kekayaannya naik lebih dari 50 persen menjadi US$ 37 miliar berkat harga saham perusahaannya yang melonjak.

Sedangkan pendiri Alibaba, Jack Ma kini berada di posisi ketiga. Kekayaannya turun usai mengurangi kepemilikan sahamnya di anak perusahaan Alibaba yaitu Ant Financial. Sedangkan Wang Jianlin kini berada di posisi kelima dengan kekayaan US$ 23 miliar.

Wang berhasil mencetak kekayaan dari usaha propertinya. Hingga dia perluas kerajaan bisnisnya ke luar negeri dengan masuk ke perusahaan AMC Entertaniment, studio legendari Hollywood dan jadi pemegang saham di klub sepakbola Spanyol Atletico Madrid.

Ia menghadapi pertarungan di luar negeri seiring pemerintah China melarang dana keluar dari China. Bank-bank milik negara diperintahkan untuk berhenti membiayai transaksi luar negeri Wanda. Wanda Wang pun terpaksa menjual bisnis taman hiburan seharga US$ 9,3 miliar pada awal 2017 untuk kurangi beban utang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Deflasi Agustus 0,07 Persen, IHSG Susut 34,46 Poin
Artikel Selanjutnya
Asing Masih Jual Saham, IHSG Turun ke 5.864,05