Sukses

Ada Tol ke Tebing Tinggi, Perjalanan Medan-Danau Toba Hanya 2 Jam

Liputan6.com, Medan - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi ruas Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 41,6 kilometer (km).

Ini menjadi bagian dari ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang total panjangnya mencapai 61,7 km. Saat ini sisa ruas tol yang belum tersambung masih dalam proses konstruksi, mengingat pembebasan laham baru saja dirampungkan.

Jokowi mengungkapkan selama ini tanpa ada jalan tol ini, waktu tempuh Medan ke Toba mencapai lima jam. Namun nantinya jika semua ini dirampungkan waktu tempuh tersebut akan terpangkas drastis.

"Kalau biasanya ditempuh 4-5 jam nanti kalau ini sudah selesai semua, maka dari Medan ke Toba hanya bisa ditempuh 1,5-2 jam," tegas Jokowi di Medan, Jumat (13/10/2017).

Saat ini, pemerintah tengah mengembangkan kawasan wisata di Danau Toba. Untuk itu kemudahan akses ini akan menjadi tambahan daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari Medan jika ingin ke Danau Toba.

Tidak hanya itu, saat ini jalur transportasi di Sumatera Utara masih mengandalkan jalan nasional. Dengan ada tol ini juga mampu menjadikan transportasi di Sumatera Utara lebih efektif. Dengan begitu, harga logistik diharapkan juga akan turun.

"Kalau tol sambung semua, daya saing akan terus baik. Inilah kenapa selalu saya kelapangan tanya ada masalah apa. Saat ini global competitiveness indeks kita itu sudah meningkat dan ini akan terus meningkat," ujar dia.

Tak hanya mendukung wisata Danau Toba, ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi ini akan menjadi akses utama untuk menuju kawasan industri Sei Mangke dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Jokowi Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Sumatera Utara

Presiden RI Joko Widodo meresmikan pengoperasian jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2-6 sepanjang 41,65 kilometer (km). Ini juga menjadi jalan tol yang diresmikan Jokowi terpanjang di Sumatra Utara.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan jalan tol ini sangat penting bagi menopang pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara dan juga mendorong kunjungan wisatawan ke Danau Toba.

"Harapannya nanti dengan adanya tol ini, Toba dan sekitarnya jadi kawasan wisata yang bisa kita dorong karena dari Medan ke Tebing Tinggi ke Toba masih 4-5 jam," tegas Jokowi di Medan, Jumat 13 Oktober 2017.

Ia mengakui, saat ini memang ada beberapa ruas yang belum terbangun hingga ke Toba. Tol Kualanamu-Medan-Tebing Tinggi sendiri untuk seksi 1 masih ada kurang lebih 14 km yang belum diselesaikan. Namun demikian pembebasan lahan seluruh seksi tersebut sudah selesai.

Jokowi pun meminta kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk bisa menyelesaikan semua ruas tersebut maksimal Juni 2018. Dengan begitu bisa dilalui saat arus mudik tahun depan.

Dengan terus beroperasinya beberapa ruas tol yang menjadi bagian dari jalan tol Trans Sumatera ini, Jokowi memastikan akan mampu menekan biaya logistik di Sumatera Utara, khususnya yang keluar masuk kota Medan.

"Kalau harga transportasi akan murah, barang yang dibawa truk juga akan murah. Karena biaya transportasi di Indoensia dibanding Singapur dan Malaysia 2,5 kali lebih mahal. Kalau bisa kita turunkan seperti negara lain daya saing kita meningkat," papar dia.

Artikel Selanjutnya
Pagi Menawan di Pantai Buan Liman
Artikel Selanjutnya
Akankah Ada Shuttle Menuju Taman Tebing Breksi?