Sukses

Jokowi Minta Restu Warga Medan Jadi Bagian Keluarga Batak

Liputan6.com, Medan - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara pada Jumat ini. Ada beberapa acara yang harus dihadiri oleh Jokowi antara lain meresmikan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai.

Selain itu, Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi rumah calon besan, yaitu keluarga dari Boby Nasution yang akan menikah dengan putri Jokowi Kahiyang Ayu pada 8 November 2017.

Dalam pidato sambutannya saat meresmikan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Jokowi meminta restu kepada masyarakat Sumatra Utara untuk menjadi bagian dari mereka.

"Saya sudah hampir menjadi orang Batak, sebentar lagi saya akan menjadi bagian dari kekuarga orang Batak, tahu semua kan. Jadi saya akan terus ke Medan," ucap Jokowi di Medan, Jumat (13/10/2017).

Bobby adalah pria keturunan Mandailing, Sumatera Utara, itu merupakan anak dari mantan Direktur Utama PTPN IV Erwin Nasution. Putra ketiga dari tiga bersaudara ini lahir di Medan pada 5 Juli 1991.

Jokowi pun mewanti-wanti kepada para menteri Kabinet Kerja dan pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk tidak main-main dalam pembangunan infrastruktur di Sumatera, terutama di wilayah Sumatera Utara.

Jokowi mencontohkan saat ini untuk pembangunan jalan tol Medan-Binjai masih ada persoalan pembebasan lahan. Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh pihak di provinsi untuk membantu menyelesaikannya.

"Saya perintahkan Kapolda, Kejati, Pangdam ikut mendukung agar penyelesaian cepat. Lakukanlah pendekatan yang baik, ini untuk kepentingan rakyat semuanya bukan satu dua orang saja. Kita ini sudah ketinggalan jauh soal infrastruktur," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Tol Medan

Seperti diketahui, Presiden RI Jokowi telah meresmikan pengoperasian jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2-6 sepanjang 41,65 kilometer (km). Ini juga menjadi jalan tol yang diresmikan Jokowi terpanjang di Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan bahwa jalan tol ini sangat penting bagi menopang pertumbuhan ekonomi wilayah Sumatera Utara dan juga mendorong kunjungan wisatawan ke Danau Toba.

"Harapannya nanti dengan adanya tol ini, Toba dan sekitarnya jadi kawasan wisata yang bisa kita dorong karena dari Medan ke Tebing Tinggi ke Toba masih 4-5 jam," ucap Jokowi.

Diakuinya, saat ini memang ada beberapa ruas yang belum terbangun hingga ke Toba. Tol Kualanamu-Medan-Tebing Tinggi sendiri untuk seksi 1 masih ada kurang lebih 14 km yang belum diselesaikan. Namun demikian pembebasan lahan seluruh seksi tersebut sudah selesai.

Jokowi pun meminta kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk bisa menyelesaikan semua ruaa tersebut maksimal Juni 2018. Dengan begitu bisa dialuli saat arus mudik tahun depan.