Sukses

Kemenhub Bakal Bangun 5 Dermaga di Danau Toba

Saat ini sudah ada 2 kapal roro yaitu Sumut 1 dan Sumut 2 yang melayani penyeberangan di Danau Toba.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan berencana membangun beberapa fasilitas berupa dermaga dan kapal untuk mendukung pariwisata di Danau Toba. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungannya ke Pelabuhan Penyeberangan Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu ini.

Kemenhub akan membangun lima dermaga, yaitu dua dermaga di Samosir dan tiga dermaga di pinggiran Danau Toba. Selain itu, Kemenhub juga akan membangun tiga kapal ro-ro, dua oleh Kemenhub dan satu oleh PT ASDP (Angkutan Sungai, Danau, Penyeberangan).

"Pembangunan ini dilakukan selain untuk konektivitas masyarakat antara satu tempat ke tempat lain, juga untuk mendukung pariwisata di sekitar Danau Toba," ujar Menhub, Sabtu (14/10/2017).

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan kapal ro-ro yang akan dibangun memiliki panjang 48,5 meter dan lebar 12,6 meter.

"Kapal ro-ro yang akan akan dibangun berkapasitas 300 GT (gross tonnage), mampu menampung sekitar 200 sampai 300 penumpang dan 32 mobil," papar Menhub.

Menhub menambahkan, pembangunan kapal ini bertujuan untuk melayani penyeberangan masyarakat di Danau Toba.

Saat ini sudah ada dua kapal roro yaitu Sumut 1 dan Sumut 2 yang melayani penyeberangan di Danau Toba. Dengan adanya tambahan kapal ro-ro, diharapkan konektivitas antar pelabuhan di sekitar Danau Toba akan semakin bagus.

"Sekarang ini jika menggunakan mobil waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain bisa satu jam, nah dengan kapal hanya 15-30 menit saja," jelas Budi Karya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.