Sukses

Niger Jajaki Peluang Kerja Sama Infrastruktur dengan Wika

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menjamu Presiden Niger Mahamadou Issoufou bersama jajaran menteri dan pimpinan lembaga pemerintahan Niger yang mengunjungi gedung Wika Tower pada Senin (16/10/2017).

Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk Bintang Perbowo menuturkan, kunjungan Presiden Niger beserta delegasi bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan Wika dalam mengerjakan proyek infrastruktur terutama di Benua Afrika serta menjajaki peluang kerja sama dalam pengerjaan infrastruktur di negara terbesar di Afrika Barat itu.

"WIKA kini dikenal luas di pasar internasional khususnya di Asia Tenggara dan Timur Tengah serta Afrika. Setelah berhasil mengerjakan proyek pertama yakni East West Motorway Project sepanjang 400km dari 1.260km di Aljazair pada tahun 2007, kini Niger sebagai negara tetangga Aljazair berniat mengenal WIKA lebih dalam," ucap Bintang, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Sebelumnya, saat jamuan kenegaraan di Istana Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, "Di bidang infrastruktur, saya mendukung rencana pembangunan perumahan rakyat bagi masyarakat di Niger. Dalam hal ini, PT Wika akan melihat langsung potensi proyek yang ada di Niger".

Terkait hal di atas, Bintang Perbowo menyatakan, WIKA siap mengemban amanah Pemerintah Republik Indonesia sebagai BUMN yang memiliki pengalaman mengerjakan proyek pembangunan infrastruktur di luar negeri, khususnya di Afrika.

"WIKA siap menjadi simbol keunggulan infrastruktur Indonesia dan menjadi perusahaan yang mampu bersaing di pasar internasional. Portofolio proyek infrastruktur kami di luar negeri antara lain adalah di Aljazair dan Libya untuk benua Afrika, di samping berbagai proyek di Uni Emirat Arab, Papua Nugini, Brunei Darusalam, Myanmar, Filipina, Timor Leste dan bebagai negara lainnya," ujar Bintang.

Bintang berharap kunjungan tersebut dapat mendukung hubungan bilateral yang terjalin antara Indonesia dan Niger melalui keterlibatan Wijaya Karya dalam pembangunan infrastruktur di Niger. Dalam kunjungannya hari ini, Presiden Niger Mahamadou Issoufou berharap Wika dapat berkiprah dalam pembangunan bandara, jalan raya dan perumahan di Niger.

"Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia dan Niger dan bagi WIKA sendiri untuk dapat meningkatkan kerja sama strategis dengan negara-negara di Afrika. WIKA siap untuk mendukung kemajuan infrastruktur di Niger dan berharap kerja sama yang dijajaki nantinya dapat meningkatkan portofolio, pendapatan dan daya saing WIKA di pasar internasional," kata Bintang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Menaker Buka Peluang Investasi Pelatihan Kerja
Artikel Selanjutnya
Usai Bangun Infrastruktur, Pemerintah Fokus Kembangkan SDM