Sukses

Menko Darmin: Tahun Ini RI Swasembada Beras

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkap tiga kebijakan besar pemerintah yang sudah dirasakan dampaknya oleh rakyat. Tiga hal itu adalah pembangunan infrastruktur, harga pangan lebih stabil, penyaluran bantuan sosial (bansos) tepat sasaran.

"Pertama, infrastruktur sudah terasa di masyarakat. Karena kebijakan kita di awal pemerintahan, mengkonversi subsidi BBM untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan bansos," kata Darmin di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Kedua, kebijakan pengendalian harga bahan pangan. Dalam kurun waktu tiga tahun pemerintahan, diakuinya, harga pangan lebih stabil. Terbukti dengan realisasi inflasi yang lebih rendah di bawah 4 persen.

"Beras contohnya, tahun ini tidak impor. Tahun lalu pun demikian, kalau impor datang itu sisa periode 2015 yang impor mencapai 1 juta ton beras. Tapi tahun ini tidak, karena kita sedang swasembada beras," ujarnya.

"Tapi saya tidak katakan tahun depan pasti swasembada karena tergantung faktor cuaca juga," Darmin menambahkan.

Kebijakan ketiga, lanjutnya, distribusi bansos yang terarah dan tepat sasaran. Sebagai contoh, Darmin mengaku, penyaluran beras miskin atau beras rakyat sejahtera (rastra), pemerintah akan memberikan dalam bentuk uang pada kartu.

"Jadi makin tepat sasaran. Begitupula Program Keluarga Harapan (PKH) dan subsidi Kredit Usaha Rakuay (KUR), arahnya mau diberikan dalam bentuk uang supaya penyaluran lebih efisien," papar Darmin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.