Sukses

Jejak Rofikoh Rokhim, Komisaris Baru BRI Pengganti Adhyaksa Dault

Wanita kelahiran tahun 1971 ini juga berpengalaman sebagai komite audit, komite risiko, komite SDM dan konsultan untuk lembaga internasional

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BRI yang berlangsung Rabu siang ini, memutuskan perombakan Direksi dan Komisaris. Komisaris BRI, Adhyaksa Dault yang periodenya akan habis di 2018, digantikan Rofikoh Rokhim.

Rofikoh Rokhim merupakan alumnus Universitas Gadjah Mada. Ia mengambil dua jurusan sekaligus saat menempuh pendidikan strata satu (S1), yakni ekonomi dan Ilmu Administrasi Negara.

Ia memulai karier sebagai jurnalis selama lebih dari 15 tahun dan sempat menduduki posisi sebagai Head of Bisnis Indonesia Intelligence Unit. Wanita kelahiran tahun 1971 ini juga berpengalaman sebagai komite audit, komite risiko, komite SDM dan konsultan untuk lembaga internasional, institusi pemerintahan, BUMN maupun perusahaan swasta.

Setelah menempuh pendidikan doktoralnya di Université de Paris 1 Panthéon-Sorbonne Prancis pada 2005, beliau aktif menjadi staf pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Kompetensi di bidang ekonomi, keuangan dan tata kelola perusahaan mengantarkan beliau menjadi Komisaris Utama PT HIN (Persero) sejak November 2015.

Untuk mengimbangi kegiatan profesionalnya, beliau juga mendedikasikan waktunya untuk kegiatan sosial dengan menjadi Board of Advisor di Yayasan Cinta Anak Bangsa dan juga Board di Perkumpulan Article 33, organisasi nirlaba di bidang pencegahan narkoba di kalangan remaja dan organisasi nirlaba di bidang sosial ekonomi.

Selain mengganti komisaris, RUPSLB memutuskan memberhentikan dengan hormat Sunarso sebagai Wakil Direktur Utama dan Randi Anto sebagai Direktur Konsumer. Kemudian jabatan wakil direktur utama dihapus.

"Perusahaan mengangkat Ibu Handayani sebagai Direktur Konsumer dan Ibu R Sophia Alizsa sebagai Direktur Human Capital," ujar Direktur Utama BRI Suprajarto.

Jumlah direksi BRI berjumlah 11 orang yang dipimpin Suprajarto dan 9 komisaris yang dipimpin Andrinof A. Chaniago, selalu Komisaris Utama.

Berikut jajaran Dewan Komisaris dan Dewan Direksi perusahaan yang baru:

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama/Komisaris Independen: Andrinof A Chaniago

Wakil Komisaris Utama: Gatot Trihargo

Komisaris Independen: Rofikoh Rokhim

Komisaris Independen: A. Fuad Rahmany

Komisaris Independen: A. Sony KerafKomisaris: Vincentius Sony Loho

Komisaris: Jeffry J WurangianKomisaris: Mahmud

Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Dewan Direksi:

Direktur Utama: Suprajarto

Direktur: R sophia alizsa

Direktur: HandayaniDirektur: Susy Liestiowaty

Direktur: Donsuwan Simatupang

Direktur: Mohammad Irfan

Direktur: Haru Koesmahargyo

Direktur: Kuswiyoto

Direktur: Sis Apik Wijayanto

Direktur: PriyastomoDirektur: Indra Utoyo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.