Sukses

Pilkada Diprediksi Bikin Ekonomi RI Makin Cerah Tahun Depan

Pemilihan kepala daerah akan mendorong sektor konsumsi nasional.

Liputan6.com, Jakarta Perekonomian Indonesia akan semakin membaik pada tahun depan. Ini seiring berlangsungnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun depan.

Direktur Utama PT Schroder Investment Management Indonesia Michael Tjoajadi mengatakan, pilkada akan mendorong sektor konsumsi nasional.

"Pertumbuhan ekonomi kita pikir akan lebih baik dari tahun ini, bahwa kampanye Pilkada akan berpengaruh ke dalam konsumsi karena uang yang berputar lebih banyak dan berharap ekonomi tumbuh karenanya," jelas dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Sejalan dengan itu, dia mengatakan, harga komoditas diproyeksi akan membaik. Prospek ekonomi ke depan juga akan semakin baik lantaran pertumbuhan kredit bank terlihat meningkat.

"Kita lihat juga pertumbuhan kredit bank mengalami kenaikan. Kita berharap ini semua akan mendorong ekonomi dan tentu mendorong profit dari masing-masing perusahaan. Terutama perusahaan publik di mana rata-rata perusahaan publik memiliki market share yang besar di industri masing-masing," jelas dia.

Menurutnya, kondisi tersebut akan mendorong laba perusahaan yang tercermin dari harga sahamnya. Meski, kondisi tersebut tak menjamin semua perusahaan mencatatkan laba. Terkait investasi, ini bergantung pada kejelian manajer investasi mengembangkan dana.

Sebagai tambahan, dana kelolaan Schroder Investment Management Indonesia hingga September 2017 mencapai Rp 83,52 triliun. Tahun ini, target dana kelolaan mencapai Rp 87 triliun. "Target sampai akhir tahun Rp 85 triliun-Rp 87 triliun itu yang kita ingin capai," tukas dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.