Sukses

Kamu Bisa Hidup Enak dengan Gaji Pas-pasan, Caranya?

Gaji pas-pasan bukan berarti hidup kamu melarat, lho! Kamu tetap bisa bahagia dan hidup enak dengan menerapkan cara pintar berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Gaji pas-pasan bukan berarti hidup kamu melarat, lho! Kamu tetap bisa bahagia dan hidup enak dengan menerapkan cara pintar berikut ini. 

Pokoknya, kamu tetap bisa, kok, menikmati hidup dengan liburan, makan di restoran mewah, bahkan memberikan kado menarik untuk pasangan. Gimana caranya? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Ikut akun open trip atau tips liburan di media sosial (medsos)

Bagi yang hobi liburan, pasti suka mengikuti akun travel blogger di Instagram. Sayangnya, cara ini hanya membuatmu makin mupeng untuk liburan. Coba kamu beralih dengan mengikuti akun Instagram yang membuka open trip dan suka ngasih tips liburan murah. Kamu akan dapat info dan penawaran terbaik seputar liburan murah.

Dari sini, kamu juga bisa mengenal banyak orang dan berbagi informasi. Siapa tahu bisa liburan murah bareng pasangan dengan bujet yang minim? Misal, nih, open trip untuk dua orang ke Pulau Seribu dengan bujet Rp 350 ribu saja per orang! Sangat terjangkau, bukan?

2. Mengurangi frekuensi hangout tapi memperbesar bujetnya

Kamu yang punya gaji pas-pasan, kadang merasa sulit untuk sekedar hangout di tempat mewah. Coba telusuri lagi, kira-kira berapa bujet yang kamu siapkan untuk sekali hangout? Jika ternyata kamu menyiapkan bujet sebesar Rp 100 ribu untuk sekali hangout, kamu pun enggak akan bisa mengakses restoran fancy dengan bujet sebesar ini.

Sekarang, kamu bisa nih mencoba mengakalinya. Siapkan bujet sebesar Rp 300 ribu untuk hangout. Namun, gunakan bujet ini dalam satu kesempatan saja.

Kamu bisa memakainya untuk hangout sekali dalam sebulan. Kurangi frekuensi dan naikkan bujet. Di sinilah kamu akan merasakan kehidupan mewah yang sebenarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Pilih gadget yang sesuai kebutuhan

Gadget memang selalu ada yang baru setiap bulannya. Tentu sulit untuk mengikuti tren kalau kamu punya gaji pas-pasan. Belum lagi untuk membayar aplikasi berbayar dan paket data internet. Daripada memakai gaji untuk kredit iPhone terbaru tiap bulannya, uang bisa kamu pakai untuk bujet lain.

Selama smartphone seharga Rp 2 juta masih bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhanmu, kenapa harus beli gadget yang mahal-mahal?

4. Pilih kos yang murah

Kalau kamu punya kesibukan segudang dan jarang di kos, bisa banget  mempertimbangkan kos yang lebih murah. Sebelum memilih kos kadang kamu ada pertimbangan ini dan itu, bukan? Ternyata, karena kesibukan kamu hanya menggunakan kos layaknya tempat untuk numpang mandi dan tidur saja.

Jadi, sepertinya memilih kos yang lebih murah tak akan jadi masalah kan? Asalkan kos murah tersebut aman dan nyaman?

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Cari kerja sampingan

Ini dia cara paling cerdas hidup enak dengan gaji pas-pasan,  yaitu punya kerja sampingan! Sebagian besar karyawan memang punya kerja sampingan untuk memenuhi kebutuhannya, seperti untuk liburan. Sebagai contoh, ada seorang karyawan A yang bekerja sebagai graphic designer.

Selain kerjaan di kantor, ia juga ambil proyek di luar untuk  membuat kartu nama, kaos, atau desain undangan. Nanti, gaji dari kerja sampingan ini bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan tambahan.  Bisa juga dipakai untuk beli tiket pesawat PP ke luar negeri, deh!

Jika memang ingin hidup enak dengan gaji sedikit, kamu butuh usaha juga nih untuk menerapkan cara di atas. Selalu ada pengorbanan untuk memperoleh sesuatu. Karena cita-cita ingin hidup enak itu bukan sesuatu yang salah. Sesekali dibilang hedon juga tak masalah, kan?

Banyak juga orang yang menabung dengan tujuan untuk biaya liburan ke luar negeri. Tinggal bagaimana kamu melihat kondisi ini dengan perspektif yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.