Sukses

3 Tips Menabung Masa Kecil yang Bisa Diterapkan Kembali

Liputan6.com, Jakarta Meski terkesan sederhana, berbagai cara menabung yang kamu praktikkan saat masih kecil mengandung banyak manfaat, lho. Kalau kamu punya kesulitan yang sama dalam menerapkan gaya menabung modern, coba, deh, ingat-ingat lagi cara menabungmu waktu kecil.

Siapa tahu cara yang sama bisa kamu terapkan lagi sekarang! Mau coba menerapkannya lagi?. Ditulis dari Swara Tunaiku, Minggu (21/10/2017), ini dia tips menabung saat kecil yang bisa kamu terapkan kembali.

Selalu bayar dengan uang tunai

Meski konsep less cash society sedang rajin-rajinnya digalakkan, nggak ada salahnya kalau kamu amnesia sejenak bahwa di dunia ini nggak ada yang namanya kartu kredit. Kenapa? Karena orang yang punya kartu kredit cenderung “bermurah hati” dalam membeli sesuatu.

Nah, untuk menghemat pengeluaran, coba kamu mulai pakai uang tunai lagi sekarang. Kamu bakal jadi lebih bijak dalam mengeluarkan uang karena takut kehabisan uang tunai di dompet.

Mencatat pengeluaran secara manualAplikasi keuangan kian menjamur, tetapi kenapa ya kamu merasa sama sekali nggak terbantu?

Coba ingat-ingat kembali, apakah dulu orang tuamu suka memintamu untuk mencatat pengeluaran setiap hari? Kamu bisa mulai lagi, nih, mengumpulkan nota pengeluaranmu selama sehari penuh.

Di malam hari, segera tulis atau tempel nota tersebut pada buku pengeluaranmu. Bahkan, bisa kamu tambahkan sisi kreativitasmu menghias nota tersebut supaya lebih menarik.

Selain lebih seru, kamu juga bisa introspeksi setiap hari, lho. Misal, kamu jadi tahu apakah selama ini kamu merupakan orang yang boros atau nggak.Sistem amplop

Terkesan sedikit primitif, ya? Namun percayalah, cara ini benar-benar efektif, lho. Pertama-tama, kamu harus menyiapkan beberapa amplop kosong.

Setelah itu, kamu bisa mulai memisahkan pos keuangamu selama sebulan. Misalnya, pisahkan bujet untuk liburan, makan, nonton film, dan membeli gadget.

Tuliskan masing-masing kategori bujet di setiap amplop dan isi amplop dengan uang yang sudah kamu siapkan.

Kalau dalam sebulan kamu sudah menghabiskan bujet dari satu amplop, maka kamu enggak boleh mengambil uang dari amplop lainnya. Misalnya, bujet untuk nonton film sudah habis pada minggu kedua.

Artinya, kamu harus berhenti nonton film di sepanjang sisa bulan dan nggak boleh memakai bujet dari pos keuangan yang lain.

Dengan cara ini, kamu pasti bisa mengontrol keuanganmu!Dari ketiga cara di atas, mana nih, yang suka kamu lakukan saat masih kecil? Mengingat dulu belum ada kartu kredit, aplikasi finansial, dan bunga bank, kamu pasti punya cara tersendiri untuk mengelola uang dengan sederhana tapi tetap efektif.

Sekali lagi, sesuaikan cara menabung dengan seleramu, ya. Pilih cara yang paling mudah dan efektif, niscaya kegiatan menabung pun akan terasa lebih mudah. Selamat menabung!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.