Sukses

Yuk, Hemat Kuota Internet dengan 5 Aplikasi Ini

Sedang asyik berselancar di dunia maya, tiba-tiba ada SMS notifikasi yang menyebutkan bahwa kuota internet sudah habis?

Liputan6.com, Jakarta - Sedang asyik berselancar di dunia maya, tiba-tiba ada SMS notifikasi yang menyebutkan bahwa kuota internet sudah habis? Bisa jadi hal tersebut karena terlalu banyaknya  menggunakan beberapa aplikasi yang memang menyedot banyak kuota internet.

Sebut saja aplikasi populer semisal Instagram, Facebook, aplikasi-aplikasi online marketplace, atau aplikasi transportasi online yang ternyata memang menyedot banyak kuota jika sering digunakan.

Belum lagi, Anda sedang menghemat uang dengan salah satunya membatasi penggunaan kuota internet. Karena ini, Anda sampai memutuskan untuk beralih ke operator lain yang menawarkan kuota lebih banyak dan hemat.

Namun, konsekuensinya Anda harus mengganti nomor yang mungkin sudah dikenal teman-teman dekat dan orang-orang yang punya kepentingan dengan Anda. Perlu Anda tahu bahwa ada beberapa aplikasi smartphone yang jika digunakan tidak akan terlalu menghabiskan kuota internet.

Berikut ini lima aplikasi smartphone hemat kuota internet yang sebaiknya dicoba seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Browsing dengan Opera Mini

Nama Opera Mini sebenarnya bukan nama baru di jagad aplikasi online. Namun, yang belum Anda ketahui adalah browser Opera Mini yang berlogo lingkaran merah ini ternyata bila digunakan akan lebih hemat kuota ketimbang menggunakan browser lain.

Opera Mini ini bisa menghemat banyak kuota paket data jika Anda mengaktifkan fitur hemat data di dalamnya. Browser ini juga punya tampilan yang tidak kalah bagus dibandingkan Google Chrome. Selain itu, bisa lebih mengehemat data.

2. Log In ke Banyak Media Sosial lewat Hootsuite

Suka meng-upload banyak foto ke media sosial, tapi cukup merasa ribet karena harus Log In atau Log Out ke beberapa media sosial? Sebaiknya, Anda menggunakan aplikasi Hootsuite.

Aplikasi ini cocok untuk orang-orang yang spesialisasinya di media sosial ataupun suka berbelanja online ataupun jualan online. Hebatnya, Anda bisa mem-posting satu kali langsung untuk beberapa media sosial dengan aplikasi Hootsuite.

3. Pakai Facebook Tak Khawatir Kuota dengan Facebook Lite

Aplikasi ini khusus Anda yang suka online di Facebook. Saat menggunakan paket data atau kuota internet mungkin Anda sering terganggu saat jaringan sedang tidak bagus atau kuota tidak terlalu banyak.

Dengan Facebook Lite, Anda masih bisa buka Facebook walaupun jaringan sedang kurang mendukung. Anda juga tetap bisa mem-posting foto, status, dan lainnya seperti biasa. Di samping itu, Facebook Lite tidak memakan banyak kapasitas memori smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Selain Opera Mini, Pakai UC Browser Mini Dapat Jadi Pilihan Alternatif

Selain Opera Mini, ternyata ada browser lain yang juga bisa difungsikan dengan lebih cepat ketika Anda membuka situs atau website lewat smartphone. Aplikasi ini bernama UC Browser.

Aplikasinya sangat ringan, browsing lewat aplikasi ini juga lebih cepat, dan download apa pun UC Browser berasa mudah. Selain itu, UC Browser juga hemat kuota dan hampir tidak banyak iklan di dalamnya.

5. Tetap Komunikatif Hemat Kuota lewat WhatsApp

Rasanya aneh kalau pengguna smartphone saat ini tidak menggunakan WhatsApp pada smartphone-nya. Aplikasi komunikatif ini sangat patut di-install pada smartphone karena aplikasinya paling ringan dan hemat data. Saat berada di jaringan 3G sekalipun, WhatsApp masih bisa digunakan untuk berkirim pesan.

Pasang Sekarang dan Rasakan Manfaatnya

Karena smartphone termasuk barang liabilitas, bersiap-siaplah dengan biaya yang mesti dikeluarkan, seperti biaya pulsa telepon atau biaya paket data. Yang paling sering terjadi adalah paket data yang sudah dibeli untuk satu bulan sudah habis sebelum waktunya.

Ini berarti dalam sebulan bisa dua kali beli paket data. Kalau dibiarkan terus, lama-lama jadi beban dalam budget bulanan. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memiliki aplikasi-aplikasi di atas dalam smartphone. Jadi, daripada masalah kuota ini terus terjadi, pasang sekarang aplikasi-aplikasi tersebut dan rasakan manfaatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini