Sukses

9 Strategi Seimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Bagi perempuan bekerja dan mengurus rumah tangga mungkin sulit untuk menyeimbangkan kehidupannya. Akan tetapi, Anda tidak sendirian. Sebenarnya banyak orang mencari keseimbangan dalam hidup mereka.

Hal itu seperti dikatakan oleh Penulis Stephen Covey. "Tantangan keseimbangan hidup dan pekerjaan tanpa pertanyaan, salah satu perjuangan paling signifikan yang dihadapi manusia modern."

Anda mungkin menghadapi kesulitan ketika menyeimbangkan kehidupan ketika bergulat dengan karier, tanggung jawab pribadi, waktu bersama keluarga, waktu diri sendiri, waktu sosial, komunitas dan lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu kurangi aktivitas yang tidak penting yang dilakukan. Mengurangi cek media sosial dan lainnya untuk fokus mengerjakan sesuatu yang menjadi prioritas.

Biasanya seseorang yang sudah mencapai pemenuhan dengan kehidupan sukses memiliki kebiasaan yang spesifik. Sementara sebagian besar orang sulit untuk menjadi luar biasa dan puas baik di rumah dan kantor.

Berikut strategi untuk mampu menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi, seperti dikutip dari laman Lifehack, Minggu (22/10/2017):

1. Memiliki kejelasan tentang apa yang Anda inginkan

Orang sukses tahu persis apa yang mereka ingin raih. Mereka tahu apa yang penting bagi mereka dan menetapkan target jelas untuk ditelusuri bagi karier dan kehidupan mereka.

Biasanya mereka juga menetapkan tujuan sangat spesifik yang sesuai dengan prioritas mereka. Selain itu, mereka juga mengetahui waktu dan berusaha untuk mencapai tujuannya.

2. Tentukan kesuksesan dengan caranya sendiri

Orang sukses menentukan kesuksesan dengan caranya sendiri. Mereka mengerti dan puas jika meraih kesuksesan yang benar-benar penting bagi mereka. Mereka menghargai kerja keras dan pemenuhan secara keseluruhan daripada hanya mencapai kesuksesan kekayaan.

3. Berdiri tegak

Orang sukses memahami pentingnya mengatakan "tidak". Mereka menetapkan batasan sehingga dapat fokus di kehidupan mereka dan mengerjakan apa yang penting. Mereka menghindari sesuatu yang tidak sesuai dengan tujuan, prioritas dan hasrat sejati mereka.

4. Jadilah sangat produktif

Orang sukses tahu bagaimana menyelesaikan sesuatu. Mereka tahu agar memiliki "semuanya" dan menyeimbangkan karier dan kehidupan mereka dengan tidak memboroskan waktu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Buat keputusan dengan percaya diri

Orang sukses kuat dalam membuat keputusan. Mereka membuat pilihan yang sesuai dengan keinginan mereka dan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Mereka berani menolak kesempatan yang tidak sesuai dengan nilai mereka.

6. Kenali prioritas

Orang sukses memiliki kejelasan tentang prioritas mereka. Mereka bekerja keras tapi menghindari mentalitas "sukses dengan segala cara". Mereka mencapai hasil bagus dalam karier, tetapi juga berkinerja tinggi bagi bidang kehidupan lain yang penting bagi mereka.

7. Tak iri dengan orang lain

Orang sukses mengucapkan selamat dan memuji prestasi orang lain. Mereka tidak merasa terancam dengan keberhasilan orang lainnya. Sebagai ganti, mereka dengan senang hati menciptakan keberhasilan mereka sendiri.

8. Disiplin

Orang sukses bertanggung jawab untuk menciptakan kehidupan terbaik bagi mereka. Mereka menyadari, pada akhirnya mengendalikan yang dilakukan dengan kehidupan mereka. Mereka menerima kekuatan, melihat visi yang diinginkan dan berpegang pada rencana mereka.

9. Bersyukur tapi jangan berpuas diri

Orang sukses menghargai apa yang mereka miliki. Namun, mereka juga berusaha untuk mencapai lebih dari apa yang sebenarnya penting. Usaha mereka tersebut digunakan untuk memberi dampak positif bagi dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.