Sukses

Proyek Apa Saja yang Bisa Dibiayai dari Dana Amal?

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tengah mewacanakan pembiayaan blended financing untuk proyek infrastruktur. Pembiayaan yang dimaksud ialah memakai dana donasi orang kaya atau filantropi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menerangkan, pembiayaan para filantropi memiliki katertarikan pada proyek-proyek tertentu. Seperti, infrastruktur untuk masalah kesehatan ataupun menyangkut perubahan iklim.

"Jadi sumber-sumber pendanaan yang berasal di dalam maupun luar negeri termasuk filantropis mereka memiliki ketertarikan masing-masing, ada filantropis yang ingin masuk pada masalah kesehatan, ada yang mungkin infrastruktur tapi dikaitkan climate change. Itu bisa saja kita tampung," kata dia di Lippo Mall Kemang Jakarta, Sabtu (21/10/2017).

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah selama ini menggunakan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk menampung berbagai sumber pembiayaan dari luar.

"Selama ini sudah kita lakukan melalui PT SMI kita, karena PT SMI merupakan vehicle atau alat untuk Indonesia mampu men-tab berbagai sumber pendanaan yang berasal swasta baik dalam maupun luar negeri," sambung dia.

Soal pembiayaan filantropi langsung ke sasaran proyek, Sri Mulyani mengatakan akan didiskusikan kembali. "Tapi kalau itu nanti strukturnya nanti kita discuss lagi lah ya," tukas dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Akomodasi Atlet SEA Games Bermasalah, Menpora Siap Tanggung Jawab
Artikel Selanjutnya
Begini Cara agar Bantuan Uang Muka Pekerja Informal Tepat Sasaran