Sukses

Stabilitas Politik dan Keamanan Kunci RI Jadi Negara Maju

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan, kestabilan politik‎ dan keamanan menjadi salah satu kunci. Ini agar Indonesia menjadi negara besar dan maju ketika berusia 100 tahun pada 2045.

Bambang mengatakan, agar Indonesia bisa menjadi negara ‎besar dan maju ketika menginjak usia 100 tahun, tetapi syaratnya adalah pertumbuhan ekonomi harus dijaga pada level 5 persen dari saat ini sampai 2045.

"Bisa enggak ya yang diproyesikan terjadi, banyak syarat. Kalau bisa tumbuh 5 persen," kata Bambang, dalam sebuah diskusi di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (21/10/2017).

‎Menurut Bambang, untuk menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi, maka stabilitas‎ politik dan keamanan harus dijaga. Pasalnya, faktor tersebut memiliki pengaruh penting terhadap kegiatan perekonomian.

Bambang mengungkapkan, ada beberapa negara yang diprediksi akan menjadi negara maju tetapi gagal karena stabilitas politik dan keamanan. Contohnya adalah Agentina.

"Argentina diprediksi jadi negara maju pada 2020-an itu, PDB-nya tertinggi dunia. Agentina digadang-gadang suatu saat jadi negara maju, tapi ada diktator menguasai Argentina dengan aliran Peronism Argentina stuck. Masuk pemerintah sipil tidak stabil diambil pemimpin militer yang kejam, orang tidak melihat agentina punya prospek, ini mencontohkan tidak selamanya lancar," papar Bambang.

‎Menurut Bambang, untuk menjaga stabilitas politik dan kemanan dibutuhkan proses demokrasi yang dewasa. Seharusnya para calon pemimpin saat kampanye tidak menjelekkan satu sama lain, tetapi berlomba dalam memberikan program yang baik untuk masyarakat.

"Kita punya modal luar biasa yaitu demokrasi. Negara maju yang tidak demokrasi China, tapi yang lain jepang, Amerika Serikat demokrasi, ini sebagai modal tapi harus secara matang," tutup Bambang.

Tonton Video Pilihan Ini:

Artikel Selanjutnya
BSSN Harus Diisi Personel yang Mumpuni
Artikel Selanjutnya
Negara Harus Jamin Kesejahteraan Rakyat