Sukses

Menhub Ingin Proyek Angkutan Massal Surabaya Jadi Contoh Nasional

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Sabtu (20/10/2017). Keduanya membahas perkembangan pembangunan angkutan massal trem di surabaya.

Dalam pertemuan tersebut, Menhub mengapresiasi persiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama PT KAI dalam membangun proyek trem, utamanya desain kereta api yang dihasilkan dari tangan anak bangsa.

"Kami sangat berterima kasih karena bu wali dan jajaran sangat proaktif dalam membangun trem. Selain itu, persiapan ini tidak hanya dilakukan di Joyoboyo tetapi di seluruh titik pemberhentian yang sudah direncanakan," tutur Menhub Budi usai menggelar audiensi dengan wali kota surabaya.

Sedangkan untuk anggaran pembangunan trem, Budi menuturkan pemerintah pusat tidak dapat membantu tetapi mengunakan APBU dengan alasan keterbatasan dana.

Pemerintah pun memberi kesempatan kepada kalangan swasta, tidak terbatas hanya di dalam negeri untuk turut berperan serta dalam pembangunan ini.

"Dari informasi yang saya dapat dari bu wali, pelelangan ini sudah mendapat respon yang cukup banyak dari para investor internasional dan dari hasil pertemuan hari ini kami memutuskan untuk segera melakukan tender," katanya.

Disampaikan Budi, satu hal yang menjadi kepastian baru bagi suatu project APBU adalah jaminan dari pemerintah berupa jaminan legal dan jaminan financial.

"Kami memberi contoh pengalaman pembangunan kereta api di daerah jabodetabek menggunakan proyek APBU dan dari segi jaminan sosial sudah ada jaminan PSO terhadap investasi project ini," ucap Budi.

Dikatakan Budi, sistem transportasi di Indonesia masih kurang baik. Oleh karena itu, dirinya berharap dengan adanya proyek pembangunan angkutan massal di Surabaya dan Jakarta sistem transportasi di Indonesia menjadi lebih baik.

"Kami berharap terobosan yang sudah dilakukan Surabaya dan Jakarta untuk mengatasai masalah transportasi di Indonesia mampu menjadi pilot project bagi kota-kota yang lain," ujar pria berkacamata itu.

Sementara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali menegaskan bahwa pembangunan trem tidak menggunakan uang APBN. "Yang jelas tidak menggunakan APBN, tapi APBU," kata Wali Kota Risma.

Ditanya soal tender, wali kota sarat akan prestasi mengatakan, masih perlu mengkaji beberapa hal yang dirasa penting. Sebab, tim ahli nantinya akan bertemu dulu dengan tim dari pak menteri kemudian melakukan sinkronisasi tender.

"Nanti kita akan pelajari bersama dengan tim, karena kemarin kita mau melakukan sendiri. Nanti coba kita lihat perkembangannya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.