Sukses

7 Tanda Kedewasaan Saat Jalani Karier

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar hidup Anda dihabiskan untuk menjalani karier. Selama bertahun-tahun, Anda pun akan matang dalam banyak aspek saat menjalani karier.

Namun, beberapa orang mungkin akan mencapai tingkat kematangan berbeda pada berbagai tahap karier. Menjadi orang dewasa di tempat kerja adalah mengenai sikap dan pengambilan keputusan ketimbang usia dan pengalaman. Anda tidak perlu menunggu hingga tua untuk dewasa saat jalani karier, seperti dikutip dari laman wisebread, Senin (23/10/2017):

1. Memiliki karier bukan sekadar pekerjaan

Memiliki pekerjaan dengan menjalani tugas sehingga mendapatkan bayaran. Sedangkan karier adalah pekerjaan dengan peluang untuk maju. Anda berada di posisi mana?

Beberapa orang mungkin mengatakan bekerja di belakang mesin kasir di McDonald's hanya sebuah pekerjaan, tapi itu belum tentu benar. Jika orang itu ingin suatu hari menjalankan waralaba mereka sendiri, itu adalah karier. Di sisi lain, Anda bisa bekerja di kantor dan duduk mengerjakan tugas.

Ini semua tentang motivasi, tekad, dan melihat masa depan. Jika Anda dapat dengan jujur mengatakan kalau fokus pada hal itu sekarang maka itu merupakan tanda kedewasaan yang hebat. Jika Anda hanya mengumpulkan gaji dan tanpa memilikirkan di mana Anda akan berada dalam lima tahun ke depan, Anda mungkin perlu kembali evaluasi segera.

2. Berdamai dengan rekan kerja yang tidak Anda sukai

Setiap tempat kerja memiliki rekan kerja dan bos yang tidak disukai. Ada rekan kerja yang selalu menunjukkan kesalahan yang Anda buat tapi tidak pernah memperhatikan hal baik. Ada juga rekan kerja yang selalu mengeluh setiap saat.

Seseorang yang bekerja dengan kita mampu menambah tekanan terhadap pekerjaan. Akan tetapi ketika Anda menyadari kalau memiliki kekuatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik itu bisa mengubah hidup. Anda tidak bisa mengubah karakter dan kebiasaan orang lain. Jangan memberikan energi negatif kepada mereka.

Jadikan orang sulit di sekeliling kita untuk menjadi pribadi lebih baik. Pada suatu saat, Anda menjadi pribadi dewasa dan akan merasa lebih baik.

3. Mengambil tanggung jawab atas kesalahan

Tidak mudah mengakui kesalahan, terutama di pekerjaan yang kita lakukan. Menyalahkan orang lain adalah hal biasa. Namun, salah satu kutipan Bruce Lee terkenal yaitu "kesalahan selalu dimaafkan jika seseorang berani mengakui mereka". Kata kuncinya keberanian.

Dibutuhkan kematangan untuk melangkah dan berkata itu adalah kesalahan saya, seharusnya lebih siap.Apakah itu sesuatu yang bisa membuat Anda hadapi masalah? Itu mungkin. Akan tetapi bila pilihan lainnya bersembunyi dan menyalahkan orang, itu tidak menandakan seseorang yang dewasa dan matang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Mengejar pertumbuhan bukan penghargaan

Penghargaan dapat diberikan dalam bentuk kenaikan gaji dan promosi, serta lainnya. Jika hal itu menjadi salah satu sumber motivasi, Anda akan merasa menjadi kosong dan hilang pertumbuhan batin yang diperlukan untuk menjadi karyawan lebih baik.

Bila pekerjaan hanya mengejar pujian dan penghargaan itu bisa membuat Anda merasa kosong. Coba berlatih untuk mengejar pertumbuhan riil dalam karier Anda. Hal itu bisa kemampuan dan keterampilan yang bertambah dan menjadi pribadi lebih dewasa dan lebih baik saat berkarier.

5. Tidak terlibat dalam gosip

Jika Anda hanya mengejar gosip di kantor terutama saat istirahat makan siang, ini juga menandakan sikap yang tidak dewasa. Tinggalkan hal itu, dan berkonsentrasi melakukan pekerjaan lebih baik.

6. Meminta bantuan

Mengakui kesalahan butuh keberanian untuk mengakuinya. Demikian juga ketika Anda memang membutuhkan bantuan. Salah satu tanda kedewasaan sejati yaitu mengakui tak semua hal dapat Anda selesaikan sendiri. Anda juga memiliki keahlian sendiri, demikian juga orang lain.

Bila Anda membutuhkan bantuan dalam mengerjakan tugas yang Anda bukan ahli di bidangnya, dan butuh bantuan orang lain. Anda sebaiknya juga dapat meminta bantuan kepada orang lain.

7. Membantu orang lain

Entah bekerja di kantor dan lapangan, ada pekerjaan yang perlu dilakukan. Selain itu, Anda hanya melakukan pekerjaan sendiri, dan tetap berada di luar masalah orang lain.Akan tetapi, jika Anda membantu orang lain kapan pun dan punya waktu, itu menunjukkan kedewasaan yang sesungguhnya.

Artikel Selanjutnya
Pahitnya Hidup Hamish Daud, Tinggal di Hutan hingga Alami Koma
Artikel Selanjutnya
Alasan Pasangan Baru Pacaran Langsung Nikah seperti Raisa-Hamish