Sukses

Waktu Terasa Kurang Saat Bekerja, Ini Cara Biar Lebih Produktif

Saat berada di tempat kerja, waktu yang dimiliki sebagian besar digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berada di tempat kerja, waktu yang dimiliki sebagian besar digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Hampir setiap hari pekerjaan yang perlu diselesaikan selalu menumpuk. Karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, terkadang mengharuskan banyak pekerja untuk bekerja keras.

Tidak jarang mau tak mau mesti kerja lembur agar pekerjaan selesai tepat waktu. Belum sempat terselesaikan juga, pekerjaan dibawa ke rumah untuk dikerjakan. Hal tersebut bisa terjadi karena cara mengelola waktu kurang optimal.

Sejatinya, manajemen waktu yang optimal akan membawa Anda pada kesuksesan di dunia kerja. Jika pandai mengelola waktu, hidup akan terasa lebih ringan dan terkendali. Karena Anda adalah seorang pekerja, ada baiknya untuk pandai mengelola waktu kerja yang ada.

Anda harus lebih fokus terhadap tanggung jawab pekerjaan supaya selesai tepat pada waktunya. Bagaimana cara manajemen waktu yang efektif itu? Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Tahu Peran dan Sejauh Mana Tanggung Jawab yang Diemban

Anda harus memahami apa peran dan tanggung jawab di tempat kerja. Dengan memahaminya, Anda akan fokus untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut. Anda juga akan selalu ingat apa yang menjadi prioritas dalam pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda.

2. Catat Mulai dari yang Menjadi Prioritas dalam Pekerjaan

Agar bisa bekerja dengan lebih semangat lagi, coba untuk mencatat apa saja yang harus Anda lakukan. Tulis apa saja yang akan dikerjakan hari ini dimulai dari urutan prioritas.

Dengan begitu, menyelesaikan pekerjaan akan lebih teratur. Hasilnya, tentu sejumlah pekerjaan yang deadline-nya sudah dekat akan selesai sebelum waktunya.

3. Susun dalam Bentuk Daftar Apa Saja Pekerjaan yang Sudah Selesai

Agar tidak bercampur, buat juga daftar pekerjaan yang sudah selesai. Tujuannya tentu saja supaya nantinya tidak lagi mengerjakan pekerjaan tersebut secara berulang. Anda juga tidak perlu mengecek ulang, apakah pekerjaan tersebut sudah selesai atau belum selesai.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Hindari Menunda Pekerjaan

Semakin menunda pekerjaan, semakin lama selesainya pekerjaan tersebut akan selesai. Kalau pekerjaan tersebut memiliki deadline, cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan jauh sebelum dekat waktu deadline. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang dan konsentrasi untuk pekerjaan lainnya.

5. Jangan Coba-Coba Multitasking Jika Tidak Bisa

Bisa multitasking itu memang terkesan hebat. Sebab mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan singkat. Tapi, hal tersebut akan membuat hasil pekerjaan menjadi kurang optimal. Lain halnya dengan orang yang terbisa multitasking, bisa jadi pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan berbarengan dapat selesai tepat waktu.

Untuk yang tidak terbiasa multitasking, ada baiknya menyelesaikan pekerjaan satu per satu supaya hasilnya berasa optimal.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Hindari Memaksakan Diri Kerja Terus-Menerus, Sesekali Beristirahatlah

Bekerja juga tentu membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Ketika waktu istirahat tiba, beristirahatlah. Jangan gunakan waktu istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan yang dikejar deadline. Sah-saja sebenarnya menggunakan waktu istirahat untuk bekerja.

Namun, apakah dengan bekerja saat istrihat, hasil yang didapat dapat optimal? Belum tentu juga kan. Jadi, jangan abaikan pentingnya beristirahat.

7. Buat Jadwal supaya Disiplin dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Pada dasarnya, tiap pekerja memiliki waktu puncak yang berbeda. Waktu puncak ini maksudnya waktu di mana pekerja merasa banyak waktu, produktif, dan begitu energik. Ada baiknya saat waktu puncak, buatlah jadwal tugas untuk pekerjaan yang agak sulit. Dengan begitu, pekerjaan yang selesai akan memberikan hasil yang optimal.

Harus Dapat Mengelola Waktu Secara Efektif

Bagi Anda yang bekerja, harus selalu mengusahakan untuk dapat mengelola waktu secara efektif. Kalau Anda berhasil mengelola waktu, pekerjaan akan selalu selesai tepat pada waktunya. Anda juga akan menjadi orang yang lebih produktif, hidup dengan bahagia, dan terhindar dari stres karena pekerjaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.