Sukses

PUPR Targetkan Perbaiki 400 Rumah di Pontianak

Salah satu sasaran dari program ini yaitu rumah milik nelayan di kawasan pemukiman nelayan Beting.

Liputan6.com, Pontianak - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan program Bantuan Rumah Swadaya di Pontianak, Kalimantan Barat. Hingga 2018, ditargetkan sebanyak 400 rumah mendapatkan bantuan perbaikan melalui program ini.

Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Rina Agustin Indriani mengatakan, hingga saat ini ada 200 unit rumah yang mendapatkan bantuan melalui Program Rumah Swadaya ini. Salah satu sasaran dari program ini yaitu rumah milik nelayan di kawasan pemukiman nelayan Beting.

"Untuk rumah kami kerja sama strategis dengan SMPT 84 unit rumah, dari Cipta Karya 127 unit. Jadi jumlahnya sekitar 200 unit. Ini perbaikan rumah swadaya BSPS atau bantuan stimulan perumahan swadaya," ujar dia di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (26/10/2017).

Dia mengungkapkan, dalam program ini, masyarakat nelayan mendapatkan bantuan material bangunan senilai Rp 15 juta untuk memperbaiki rumahnya. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Ini (dana) APBN. Satu rumah dapat Rp 15 juta. Kita hindari pembangunan baru karena kalau satu dikasih, semua minta. Jadi perbaikan rumah saja. Yang Rp 15 hanya stimulan saja, nanti mereka bisa mencari pendanaan lain," dia menjelaskan.

Pada tahun depan, Kementerian PUPR menargetkan sebanyak 200 unit rumah mendapatkan bantuan Rp 15 juta tersebut. Sehingga secara total akan ada 400 unit rumah yang diperbaiki melalui program ini pada 2018 .

"Tahun depan 200 unit lagi. Jadi total 400 unit (total hingga tahun depan). Jadi Yang sekarang 200 sudah berjalan, sudah selesai sebagian. (Alokasi dana) Sekitar Rp 3 miliar-Rp 4 miliar untuk 200 rumah ini (yang sudah berjalan)," tandas dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.